PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SECARA DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Kresensia Haryanti, Maris Kurniawati, Sholikhan

Abstract

Pembelajaran dimasa pandemik covid-19 dituntut untuk menetapkan model pembelajaran setara dengan suasana dan keadaan yang sepadan dengan bidang yang bakal dibimbing. Model pembelajaran  akurat untuk diaplikasikan saat cara edukasi daring ialah tipe pembelajaran problem based learning. Penyelidikan ini mempunyai tujuan menelaah kualitas keterlaksanaan pembelajaran PBL secara daring, dan menganalisis perbedaan prestasi siswa terhadap pembelajaran memakai tipe pembelajaran problem based learning dan tipe pembelajaran konvensional secara daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen Petra Malang semester genap tahun pelajan 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah 40 orang, terdiri dari X MIPA1 dengan 20 siswa untuk kelompok eksperimen dan X MIPA2 dengan 20 siswa untuk kelas kontrol. Pada kelompok eksperiment dikasih tindakan dengan memakai tipe pembelajaran PBL, pada kelompok kontrol diberikan tindakan serta menerapkan tipe edukasi secara konvensional.  Data dikumpulkan dengan tes prestasi belajar siswa serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis oleh Uji Anova Univariat. Hasil Penelitian menerangkan bahwa (1) kualitas keterlaksanaan pembelajaran PBL secara daring memperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat baik; (2) adanya perbedaan prestasi belajar siswa antar pemakaian model pembelajaran PBL dengan konvensional secara daring dengan taraf signifikan diperoleh adalah 0,008 < 0,05.

References

Buyung. (2017). Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di SMA. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-36.

Gusrianto, R. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Pemasaran Produk Secara Online Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Terhadap Peserta Didik Kelas XII Akuntansi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SMKN 1 Bungukuran Barat. Al'Adzkiya International Education And Research (AIER), 2(1).

Halili, S. H. (2019). Technological Advancements In Education 4.0. Journal Of Distance Education And E-Learning, 7(1), 63-69.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28.

Istiatutik. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan, 1(1), 45-51.

Lestari, P., Wardani, S., & Khusniati, M. (2019). Model Problem Based Learning Berbantuan Jurnal Belajar Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Jipva (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 3(1), 38-51.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640.

Muhson, A. (2009). Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan, 39(2).

Muskita, M. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Penyampaian Pesan Di Angkatan Muda Ranting Ii Cabang Bethel. Jurnal Badati, 1(1), 87-104.

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2), 133-141.

Santika, I. W., Parwati, N. N., & Ged, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(10).

Sinmas, W. F., Sundaygara, C., & Pranata, K. B. (2019). Pengaruh PBL Berbasis Flipped Class Terhadap Prestasi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 1(3), 14-20.

Sriamah, S., Wiryokusumo, I., & Priono, I. (2009). Efektivitas Model PBL Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3).

Tsaniyah, S. F. (2018). Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan Schoology Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI MIPA MAN Baureno Bojonegoro. Skripsi Pendidikan.

Yuan, H. (2008). Promoting Critical Thinking Skills Through Problem-Based Learnin. Journal Of Social Science And Humanities, 2(2).

Zaharah , Z., Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact Of Corona Virus Outbreak Towards Teaching And Learning Activities In Indonesia. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 269-282.

Authors

Kresensia Haryanti
kresensiaharyanti@gmail.com (Primary Contact)
Maris Kurniawati
Sholikhan
Haryanti, K., Kurniawati, M., & Sholikhan. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SECARA DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI . RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(4), 320–327. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6214

Article Details