Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana

Maria Sulastri Anut Serap, Chandra Sundaygara, Hena Dian Ayu

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan produk dalam rupa buku saku digital berbasis Android terhadap materi usaha dan pesawat sederhana. Buku saku ini sudah diuji kelayakkan, kepraktisan, dan kefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Adapun penilaian kelayakkan dari ahli materi serta ahli media mempunyai perolehan nilai dengan jumlah total skor 3,38 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil penilaian tes lapangan operasional kepada 20 siswa di dapatkan skor 3,37 dengan kategori “sangat baik”. Untuk rata rata skor peningkatan prestasi belajar dari 20 siswa sebesar 0,5 tergolong dalam kategori “Sedang”. Dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan prsetasi belajar pada siswa, dari data tersebut bisa dilihat bahwa pengembangan media buku saku digital yang berbasis android efektif digunakan meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi usaha dan pesawat sederhana. Rata-rata skor penilaian kepraktisan media oleh guru sebesar sebesar 3,9 dan oleh murid sebesar 3,39 termasuk dalam golongan “sangat baik”, maka dari itu kesimpulannya bahwa buku saku digital berbasis android praktis di gunakan sebagai sumber bahan belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu pemilihan media pembelajaran yang sesuai sangat berpengaruh  pada proses pencapaian prestasi siswa. Di dalam materi Usaha dan Pesawat Sederhana terdapat perbedaan prestasi belajar menggunakan buku saku digital berbasis Android dengan menggunakan modul biasa.


 


Kata Kunci: Buku saku , Android, Prestasi Belajar

References

Almira Elka Damayanti, d. (2018). Kellayakan Meldia Pelmbellajaran Fisika Belrupa Buku Saku Belrbasisi Android Pada Matelri Fluida Statis. Indonelsian Journal of Scielncel and Mathelmatics Aducation, 64.
Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Pelrancangan Aplikasi Pelmbellajaran Bahasa Inggris Dasar Belrbasis Android. IKRA_ITH Informatika, 4(3), 1–5.
Chairudin, M., & Delwi, R. M. (2021). Pelngelmbangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Belrbasis Problelm Baseld Lelarning Pada Mata Pellajaran Elkonomi. Jurnal Ilmu Pelndidikan, 3(3), 951–962.
Damayanti, A. El., Syafeli, I., Komikelsari, H., & Rahayu, R. (2018). Kellayakan Meldia Pelmbellajaran Fisika Belrupa Buku Saku Belrbasis Android Pada Matelri Fluida Statis. Indonelsian Journal of Scielncel and Mathelmatics Elducation, 01(1), 63–70. http://eljournal.radelnintan.ac.id/indelx.php/IJSMEl/articlel/vielw/2476
Daryanto. (2010). Meldia Pelmbellajaran. Gava Meldia.
Delwi, M., & Simanjuntak, R. (2022). Pelranan Buku Saku Digital Belrbasis Android Untuk Melningkatkan Prelstasi Bellajar IPS Siswa Kellas IV SDN Meldan.
Fatmawatii, Yusrizal, & Hasibuan, A. M. (2021). Pelngmbangan Meldia Pelmbellajaran Belrbasis Aplikasi Android Untuk Melningkatkan Prelstasi Bellajar Siswa. ElSJ (Ellelmelntary School Journal), 11(2), 134.
Ling, I. (2018). Pelngelmbangan buku saku digital belrbasis aplikasi android untuk melningkatkan motivasi bellajar siswa pada mata pellajaran pelrbankan dasar. In Diploma thelsis. Univelrsitas Nelgelri Malang.
Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pelngelmbangan Meldia Gambar Belrupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pelndidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1583
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat bellajar selbagai deltelrminan prelstasi bellajar siswa. Jurnal Pelndidikan Manajelmeln Pelrkantoran, 1(1), 128–135.
Nurhidayati, & Nur, A. M. (2021). Pelmanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistelm Informasi Pelrselbaran Indelkos di Wilayah Pancor Kabupateln Lombok Timur. Jurnal Informatika Dan Telknologi, 4(1), 51–62.
Pakpahan, A. F. (2020). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran (kel-1). Yayasan Kita Melnulis.
Sairi, A. P. (2018). Pelngelmbangan Buku Saku (El-Meldia) Telrmodinamika Belrorielntasi Android. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pelmbellajaran (JIFP), 2(2), 33.
Sudjana, N., & Ahmad, R. (1997). Meldia Pelngajaran. Sinar Baru Algelnsindonelsia.

Authors

Maria Sulastri Anut Serap
mariasulastrianutserap@gmail.com (Primary Contact)
Chandra Sundaygara
Hena Dian Ayu
Serap, M. S. A., Sundaygara, C., & Ayu, H. D. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(3), 211–221. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i3.9333

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>