KAJIAN MATEMATIS PARIWISATA PANTAI JUMIANG DI DESA TANJUNG KECAMATAN PADEMAWU

Sri Indriati Hasanah, Harfin Lanya, Chairul Fajar Tafrilyanto, Moh Zayyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip etnomatematika dan konsep matematika yang terdapat pada wisata Pantai Jumiang. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan di objek wisata Pantai Jumiang Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat sekitar lokasi Pantai Jumiang dan penelitian langsung yang dilakukan peneliti terkait dengan hal-hal yang ada di Pantai Jumiang, baik struktur lokasi, maupun fasilitas umum yang ada di Pantai Jumiang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya adalah wawancara bebas terstruktur dan observasi untuk menemukan konsep-konsep matematika yang terdapat pada wisata Pantai Jumiang. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa konsep matematika yang terdapat pada wisata Pantai Jumiang antara lain garis lengkung, lonjong, segitiga, limas segitiga, persegi panjang, segitiga siku-siku, segitiga siku-siku, segitiga siku-siku, lingkaran, prisma segitiga, limas segi empat, setengah lingkaran. , balok, jajar genjang dan sudut. Konsep matematika yang terdapat pada Wisata Pantai Jumiang diatas dapat digunakan untuk mengenalkan matematika melalui wisata lokal. Dengan demikian pembelajaran matematika di kelas akan lebih bermakna karena akrab bagi siswa, sudah dikenal dan terkandung dalam lingkungan budayanya sendiri. Konsep matematika yang abstrak akan menjadi konkrit jika sudah mengetahui konsep matematika pada Wisata Pantai Jumiang.

References

Berpendidikan. (2020, Mei 12). Pengertian garis lurus dan garis lengkung beserta contohnya. Retrieved from https://www.berpendidikan.com/2021/05/pengertian-garis-lurus-dan-garis-lengkung-beserta-contohnya.html
Berpendidikan. (2021, Mei 17). Pengertian dan sifat-sifat persegi panjang serta rumus keliling dan luas persegi panjang. Retrieved from https://www.berpendidikan.com/2021/05/pengertian-dan-sifat-sifat-persegi-panjang-serta-rumus-keliling-dan-luas-persegi-panjang-.html
Berpendidikan. (2021, Mei 18). Pengertian, sifat-sifat dan macam-macam jenis trapesium serta rumus luas dan keliling trapesium. Retrieved from https://www.berpendidikan.com/2021/05/pengertian-sifat-sifat-dan-macam-macam-jenis-trapesium-serta-rumus-luas-dan-keliling-trapesium.html
D’Ambrosio, U. (1999). Literacy, matheracy, an technoracy: A trivium for today. Mathematical Thinking and Learning, 1(2), 131-153.
Dhofir, Halim, D., Nisa, S., & Zayyadi, M. (2019). Loteng (selodor bhanteng): Media nostalgia dalam menanamkan konsep matematika pada anak Madura. Jurnal Elemen, 5(2), 220-230.
Edi, M. (2020, Mei 18). Pencerminan terhadap sumbu X dan sumbu Y contohnya. Retrieved from https://www.belajarmtk.com/pencerminan-terhadap-sumbu-x-dan-sumbu-y-contohnya/
Emma. (2021, December 28). Segitiga siku – siku: Pengertian, sifat, rumus, contoh soal dan pembahasannya. Guru Belajarku. Belajar MTK. Retrieved from https://gurubelajarku.com/segitiga-siku-siku/
Fadil, U. (2021, February 5). 3 Pantai eksotis yang bisa dikunjungi di Kabupaten Pamekasan. Retrieved from https://www.umarfadil.id/2016/12/3-pantai-yang-bisa-dikunjungi-di-pamekasan.html
Hafsi, A., & Hasanah, SI. 2018. Kajian etnomatematika pada rumah adat Taneyan Lanjeng. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun, 1(1), 191-196.
Heryansyah. (2020, September 19). Pengertian sifat dan rumus limas. Retrieved from https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-dan-rumus-rumus-limas
Iskandar. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.
Jajar Genjang. (2022, February 9). In Wikipedia. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Jajar_genjang
Kompasiana. (2016, October 25). Seluk beluk tentang Madura. Retrieved from https://www.kompasiana.com/baralibrasagita/580f1a5111977303157453e8/seluk-beluk-tentang-madura
Lonjong. (2021, July 12). In Wikipedia. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Lonjong_(oval)
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nanda. (2020, October 24). 22 tempat wisata di Pamekasan terbaru & paling hits yang wajib dikunjungi. Retrieved from https://tempatwisataseru.com/tempat-wisata-di-pamekasan-madura/
Setengah lingkaran. (2022). In Wiki. Retrieved from https://hmn.wiki/id/Semi-circle
Wulandary, R. M. C., Gani, Y. A., & Hermawan. (2015). Peranan pemerintah daerah dalam pemberdayaan budaya lokal. Wacana, 18(3), 184-195. https://media.neliti.com/media/publications/164590-ID-peranan-pemerintah-daerah-dalam-pemberda.pdf
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada Batik Madura. Jurnal SIGMA, 2(2), 35-37. http://digilib.uinsby.ac.id/9786/7/bab%203.pdf
Zayyadi, M., Hasanah, S. I., & Surahmi, E. (2018). Ethnomatematics exploration in traditional games as a form of students’ social interaction. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 125-132.

Authors

Sri Indriati Hasanah
Harfin Lanya
Chairul Fajar Tafrilyanto
Moh Zayyadi
zayyadi@unira.ac.id (Primary Contact)
Sri Indriati Hasanah, Harfin Lanya, Chairul Fajar Tafrilyanto, & Zayyadi, M. (2022). KAJIAN MATEMATIS PARIWISATA PANTAI JUMIANG DI DESA TANJUNG KECAMATAN PADEMAWU. Pi: Mathematics Education Journal, 5(1), 27–40. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i1.6717

Article Details