PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Agnesta Yesika Ardelina Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nurul Ain Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Hena Dian Ayu Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.4903

Keywords:

discovery learning, media audio, keaktifan, prestasi belajar

Abstract

Tujuan dari observasi ini adalah  mencari bagaimana dampak model discovery learning berbantuan media audio visual terhadap keaktifan dan prestasi kelas VIII A dan VIII C SMP Nasional Malang. Observasi ini menggunakan rancangan purpuse sampling. Data diperoleh selama dan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan lembar observasi untuk menghitung nilai keaktifan dan test untuk menghitung prestasi siswa. Analisis data menggunakan uji prsyarat analisis dan uji hipotesis. Dari hasil observasi diperoleh keaktifan dan prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil observasi dapat ditarik kesimpulan keaktifan dan prestasi belajar dengan model discovery learning  berbantuan media audio visual lebih tinggi daripada model konvensional.

References

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktor Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Arifin, Z . 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Ajiji, A. 2012. Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning: Kelebihan dan Kekurangan Metode Discovery. (Online). (http://essay-letrure. blogspot. com//2012/09/kelebihan-dan-kekurangan-metode.Html, diakses tanggal 25 Oktober 2019).

Agustina, dkk.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan BelajarSiswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2 (1): 37-40.

Arviansyah, R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry disertai LKS Audio Visual Terhadap Keaktifian dan Hasil Belajar IPA Siswa Di SMP. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Universitas Negeri Jember, (1): 398-409.

BisnoIndraCahaya. 2016. Penggunaan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Tropologi Jaringan Komputer Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tik Siswa Kelas IX SMAN Godean. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 1 November 2019 dari situs http://core.ac.ukm.

http://berita-guru-terkini.blogspot.com/2015/07/langkah-langkah-model-discovery-12.html?=1diakses padatanggal 1 November 2019.


Ketangdan Sri.2019. Pendidikan Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Artikel Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM Banjarmasin: 1-14.

Oemar, H. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Purwanto dan Rabiman. 2018. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sistem Kelistrikan Kendaraan Ringan Dengan Penerapan Model Discovery Learning. Jurnal Taman Vokasi, 6 (1): 108-119

Maharani, B.2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (5): 551-559.

Mashuda, A. 2019. Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa SMP PGRI Sengon Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode POE. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5 (1): 59 -60

Maulida dkk. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Keaktifan Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (1): 47-52.

Muhamad, N. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Repertasis Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09 (01) : 9-22.

Yamin, M. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: GaungPersada Press dan Center For Learning Innovation (CLI).

Saputra dan Yohana. 2019.Penerapan Model Discovery Learning (DL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3 (11): 1465-1475.

Salpan. 2017.Peningkatan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 3 Cilacap Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Inovatif dan Sofware Pesona Fisika Materi Kinetika Gas Tahun 2015/2016.Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3 (1): 97.

Santi dkk. 2016.Penerapan Model Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa,4 (1).

Sudjana, N. 2005.Penilian Hasil Proses BelajarMengajar.Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Suharsimi, A. 2010 .Prosedur Peneitian Suatu Pendekatan Pratek. Jakarta: RinekaCipta.

Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vacational Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Wiliam. 2013. Tiga Tahun Dari Sekarang. Jakarta: Feliks Books.

Wibowo, N. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari.Jurnal Electronics, Informatics And Vacational Education (ELINVO),09 (01): 128-129.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Ardelina, A. Y., Ain, N., & Dian Ayu, H. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA . RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(4), 300–312. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.4903

Issue

Section

Articles