PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII A SMPN 17 MALANG

Authors

  • Oktavianus Ama Kii Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Akhmad Jufriadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Kurriawan Budi Pranata Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.5154

Keywords:

inkuiri terbimbing, motivasi, prestasi

Abstract

Abstrak. Dalam dunia pendidikan, siswa merupakan elemen penting yang menjadi sasaran utama dari perbaikan mutu pendidikan, sehingga menjadi kewajiban sekolah untuk menyiapkan siswa agar memperoleh prestasi belajarnya secara maksimal. Tujuan penelitian yaitu untuk membuktikan penggunaan model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi dan prestasi belajar IPA Fisika. Pelaksanaan penelitian berpedoman pada jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang berdasarkan model berbentuk spiral oleh Kemmis dan Mc. Teggart. Sasaran utama penelitian adalah siswa kelas VIII A SMPN 17 Malang dengan komposisi (17 laki-laki dan 16 perempuan) dari total 33 orang siswa dengan latar belakang pendidikan yang heterogen. Alat pengumpulan bahan penelitian berupa lembar soal kompetensi dan lembar observasi motivasi belajar. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan mengindikasikan adanya peningkatan pembelajaran, baik dari aspek motivasi belajar sebesar (86,39%) maupun aspek aspek prestasi belajar sebesar (80,61%).

References

Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Metode dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dasar, J. P. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3 (3), 1–14.
Djamarah, S. Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jarut, K. B., Ain, N., & Sundaygara, C. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM, Banjarmasin 23 Maret 2019, hal 185-191, ISBN: 978-602-6483-95-9. Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kanjuruhan Malang.
Muchindasari, D. (2016). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII-B SMPN 4 Madiun. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4 (1), 19. https://doi.org/10.25273/jems.v4i1.203
Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oktarina, N. (2019). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Nina. Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9), 1689–1699.
Safitri, N., Sunarmi, & Suwono, H. (2017). Penerapan Model pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIC SMPN 10 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (1), 31–38. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/715
Said, W. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Penerapan Metode Inquiry Terbimbing Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Parepare. 1–3.
Sanjaya, Wina. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setiawan, D., Sholikhan., & Jufriadi, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM, Banjarmasin 23 Maret 2019, hal 45-53, ISBN: 978-602-6483-95-9. Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kanjuruhan Malang.
Sipangkar, Yeni, Juliani, R dan Siregar, A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA Yeni Sipangkar , Rita Juliani , Andil Siregar Program Studi Pendidikan Fisika , Universitas Negeri Medan email : sipangkaryeni@gmail.com THE EFFECT OF GUIDED INQUIRY. 7 (2), 103–109.
Siti Nur Halimah, R. B. R. T. E. (2015). Halimah et al. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan …. | 997. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, Siti, N. H (3), 997–1010.
Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18 (1), 59–63.
Tariani, K., Syahruddin, H., & Desak, P. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1), 1–10.
Unggasari, N. W., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Mia 2 Sma Negeri. 8 (2), 65–76.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Ama Kii, O., Jufriadi, A. ., & Pranata, K. B. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII A SMPN 17 MALANG. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(1), 18–25. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.5154

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>