Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Pemuaian Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wagir

Authors

  • Maria Faustina Bhenge a:1:{s:5:"en_US";s:34:"UNIVERSITAS PGRI KANJURUHAN MALANG";}
  • Chandra Sundaygara Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sholikhan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Keywords:

Pemecahan masalah, teory polya

Abstract

Pemecahan masalah merupakan bagian penting dalam suatu proses pembelajaran matematis salah satunya yaitu dalam pembelajaran fisika. Pemecahan masalah diartikan sebagai suatu usaha atau jalan keluar dari suatu kesulitan. Tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi pemuaian zat berdasarkan langkah-langkah polya pada kelas VII E yang berjumlah 22 siswa  di SMP Negeri 2 Wagir. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara.  Hasil penelitian yang diperoleh: persentase rata-rata siswa adalah 66,18% dengan skor terendah 53% dan skor tertinggi 83% sehingga disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah seluruh siswa masuk dalam kriteria sedang (66,18%).

 

References

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31–41. Diambil dari http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/350
Hendriana, H., Rohaeti, EE., dan Sumarno, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT RefikaAditama
Awaliyah, Fista. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Materi Trigonometri dalam Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (AIR).
Chusni, M. M. 2017. Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasikl Belajar IPA/Fisika Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Muntilan, Kabupaten Magelang. Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Fisika. 9 (1): 16-23.
Ikhwanuddin, J. Amat, dan D. Purwantoro. 2010. Problem Solving Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatakna Kemampuan Mahasiswa Berpikir Analitis. Jurnal pendidikan . 40 (2): 215-230
Sukayasa. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Fase-Fase Polya untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran Siswa Smp dalam Memecahkan Masalah Matematika. Dalam Jurnal Aksioma [Online], Vol 1 (48), 10 halaman.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Bhenge, M. F., Sundaygara, C., & Sholikhan. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Pemuaian Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wagir. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 4(2), 153–158. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/6930

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>