Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inquiry science issues Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Dan Kerjasama Pada Peserta Didik

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inquiry science issues Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Dan Kerjasama Pada Peserta Didik

Authors

  • Geofani Amanda Jeani Hartin Universitas PGRI Kanjuruhan Malang"
  • Sholikhan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sudi Dul Aji Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i3.9619

Keywords:

berpikir kritis, kerjasama, LKPD, Inquiry science issues

Abstract

Berdasarkan hasil observasi siswa kelas VII di SMP PGRI 02 Singosari kurang aktif dalam proses pembelajaran hal ini karena guru masih menerapkan pembelajaran secara konvensional dan dari hasil angket yang disebarkan siswa kurang memahami materi yang diajarkan, selain itu guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku cetak dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menghasilkan LKPD berbasis inquiry science issues yang layak, 2) mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan, 3) mengetahui kerjasama peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan, 4) mengetahui respon peserta didik setelah menggunakn LKPD inquiry sciencee issues yang dikembangkan. Desain penelitian ini yaitu R & D dengan model 4D: Definne (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Disseminate (penyebaran).  Hasil penelitian ini adalah : 1) dihasilkan LKPD berbasis inquiry science issues yang dinyatakan layak oleh ahli materi dan media dengan persentase pencapaiannya sebesar 95,83% dan 79,168% dengan kategori valid, 2)   LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan memperoleh rata-rata skor 0,64 dengan kategori sedang atau cukup efektif. 3) LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kerjasama peserta didik dengan kategori sangat baik pada hasil angket, serta LKPD yang dikembangkan mendapat respon dari peserta didik dengan kategori sangat positif.

References

Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., & Supeno. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwanagi. Jurnal Pendidikan, 1, 240–256.

Rekysika, N. S. (2015). Upaya peningkatan kemampuan kerjasama melalui kegiatan kelompok A TK Negeri Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo. 2015, 1–239.

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877

Suwatno, S., Indonesia, U. P., Santoso, B., & Indonesia, U. P. (2023). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. June 2020. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853

Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., & Supeno. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwanagi. Jurnal Pendidikan, 1, 240–256.

Rekysika, N. S. (2015). Upaya peningkatan kemampuan kerjasama melalui kegiatan kelompok A TK Negeri Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo. 2015, 1–239.

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877

Suwatno, S., Indonesia, U. P., Santoso, B., & Indonesia, U. P. (2023). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. June 2020. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Jeani Hartin, G. A., Sholikhan, & Aji, S. D. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inquiry science issues Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Dan Kerjasama Pada Peserta Didik. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(3), 192–199. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i3.9619

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...