Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery dan Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Tekanan

Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery dan Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Tekanan

Authors

  • Merlina Engel a:1:{s:5:"en_US";s:35:"universitas pgri kanjuruhan malang ";}
  • Sholikhan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nurul Ain Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.9419

Keywords:

Guided Discovery, ,Keterampilan Proses Sains , Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini ada tiga: pertama, untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa berbeda antara model Konvensional dan Guided Discovery; kedua, membandingkan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang memiliki keterampilan proses sains tinggi dan rendah; dan ketiga, untuk mengetahui apakah keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh interaksi antara model Penemuan Terbimbing dan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan desain kontrol pre-and post-test dan bersifat kuantitatif; ini juga merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa dari keenam kelas VIII SMPN 2 Wagir (VIIIA sampai VIIIF) pada tahun ajaran 2023–2024. Ada upaya yang disengaja untuk memilih sampel yang representatif. Ada total 64 siswa dalam penelitian ini; 32 orang berpartisipasi dalam kelompok eksperimen model penemuan terbimbing dan 32 orang berpartisipasi dalam kelompok konvensional sebagai kontrol. Informasi yang dikumpulkan untuk penelitian ini berasal dari dua sumber: pretest-posttest dan data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap kemampuan berpikir kritis dan proses ilmiah peserta. Lembar observasi metode saintifik dan ujian tertulis kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan soal esai dan analisis varian dua arah merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Kemampuan berpikir kritis siswa berbeda antara model konvensional dan model penemuan terbimbing, namun tidak terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi dan rendah. Terakhir, penelitian tidak menemukan interaksi antara model penemuan terbimbing dan keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Christy et al., & I Putu Sriartha. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(2), 127–136.

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.

Dahliana, P., Khaldun, I., & Saminan, S. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 101–106. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.1247

Hidayat, T., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Unsika.

Hafrah, A. F., Muhammad, A., & Kaharuddin, A. (n.d.). (2019) 1) , 2) , 1). 2.

Ilmu, P., & Dalam, F. (2019). Universitas Dharmawangsa Jurnal Warta Edisi : 60 April 2019 | ISSN : 1829-7463 Universitas Dharmawangsa. April.

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir . Musamus Journal of Primary Education,, 1(2), 073-082.

Mukarromah, A. &. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1) 38-47.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL Abstrak. 6(1), 35–43.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Sa’diyah, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 11(1), 55-66.

Utami, L., & Adilla, R. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Virtual Laboratory Physics Education Technology (Phet) Pada Materi Indikator Asam Basa. Journal of Research and Education Chemistry, 4(1), 50. https://doi.org/10.25299/jrec.2022.vol4(1).9348

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915

Zul Hanifah, S., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Engel, M., Sholikhan, & Ain, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery dan Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Tekanan. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 7(1), 66–76. https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.9419

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 
Loading...