Analisis Fakto-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Lubuklinggau

Authors

  • Ratmi Anjani Universitas PGRI Silampari
  • Viktor Pandra Universitas PGRI Silampari
  • Nur Fitriyana

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10338

Keywords:

Faktor internal , Faktor eksternal , Pembelajaran matematika , Prestasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Lubuklinggau dengan menggunakan uji Regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan angket, dokumentasi dan wawancara. Sebelum dilakukan Uji Regresi Berganda, data tersebut terlebih dahulu dilakukan sebuah pengujian asumsi klasik yaitu Uji Normalitas dan Uji Multikolinearitas. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t keempat variabel nya adalah: a)motivasi belajar sebesar 2,802 satuan, b)minat belajar sebesar 4,418 satuan, c)gaya belajar sebesar 3,802 satuan dan d)teman sebaya sebesar 7.013 satuan. Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan (Bersama-sama) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Lubuklinggau dan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Lubuklinggau tahun 2023/2024 adalah pengaruh teman sebaya dengan nilai thitung sebesar 7,013.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslihah, N., Miskadi, M. H., & Suhardi, M. (2023). Peran Orang Tua dan Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Ayudia, I., Darwiyanti, A., Purnomo, D., Hamda, E. F., Rosyid, A., Azizah, H. N., & others. (2022). Manajemen Pendidikan.

Malinda. (2019). PTK Guru Matematika: Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pemahaman Materi Pokok Integral Pada Kelas Matematika SMA. Malinda.

Nasri, E., Setiawan, T. H., Warianto, H., Aden, A., & Ilmadi, I. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Ujian Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Analisis Faktor. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 12–28.

Pandra, V. (2011). Hubungan Teman Sebaya dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. 59–68.

Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 233–245.

Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar PENDIDIKAN. UMMPress.

Sunyoto, D. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis.

Syarifuddin, A. (2019). Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa stkip paris barantai. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 284–292.

Titiek Idayanti, S. S. T. M. K., Widya Anggraeni, S. S. T. M. K., & Rahma Fauziyah, S. S. T. M. P. H. (2023). Penerapan Metode Mengajar dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. Rizmedia Pustaka Indonesia.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Anjani, R., Pandra, V., & Fitriyana, N. (2024). Analisis Fakto-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Lubuklinggau. Pi: Mathematics Education Journal, 7(2), 64–71. https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10338

Issue

Section

Articles