Mengeksplor Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Membuktikan Toerema Berdasarkan Gaya Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10736Keywords:
Berpikir Kritis, teorema, Gaya KognitifAbstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan berpikir kritis mahasiswa calon guru matematika dalam membuktikan toerema berdasarkan gaya kognitif. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas PGRI Jombang. Instrumen penelitian adalah Tes GFFT, teorema dan pedoman wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator fokus FI memahami informasi dengan membaca pelan, membagi informasi teorema menjadi beberapa bagian dan mengembangkan informasi sesuai dengan pemikirannya. Sedangkan FD, memahami informasi dengan membaca secara keras dan informasi tidak dikembangkan; pada indikator Reason dan Inference, FD memberikan alasan tidak mendalam dan rinci, sedangkan FI tidak ; Indikator Situation, FI dan FD menggunakan semua informasi yang ada dalam pembuktian; pada indikator Clarity, FI lebih menjelaskan istilah lebih mendalam dan rinci, sedangkan FD tidak; pada indikator Overview, FI mengecek dari diawal prosesnya sampai pada hasil akhir kemudian menyimpulkan pembuktiannya benar. Sedangkan FD hanya melihat hasil akhir saja sama dengan yang diminta di awal.
Downloads
References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Chodijah, M. (2017). Urgensi Bimbingan Kolaboratif bagi Anak yang Mengalami Learning Disabilities di Sekolah Dasar. Syifa Al-Qulub, 1(2). https://doi.org/10.15575/saq.v1i2.1430
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221
Griffin, P., & C. (2015). Policy Pathways for Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_15
Kusaeri, & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about Critical Thinking among Indonesian mathematics pre-service teachers. International Journal of Instruction, 12(1), 573–590. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12137a
Rani, H., Siswono, T. Y. E., & Khabibah, S. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Mengajukan Masalah Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5834–5844. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3275
Rasiman. (2015). Leveling of critical thinking abilities of students of mathematics education in mathematical problem solving. Journal on Mathematics Education, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1941.40-52
Rasyid, M. A. (2017). Profil Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 171–181. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9849
Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800
Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160
Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198
Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH, 4(1), 1393–1406.
Agnafia, D. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Florea, 6(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Chodijah, M. (2017). Urgensi Bimbingan Kolaboratif bagi Anak yang Mengalami Learning Disabilities di Sekolah Dasar. Syifa Al-Qulub, 1(2). https://doi.org/10.15575/saq.v1i2.1430
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221
Griffin, P., & C. (2015). Policy Pathways for Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_15
Kusaeri, & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about Critical Thinking among Indonesian mathematics pre-service teachers. International Journal of Instruction, 12(1), 573–590. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12137a
Rani, H., Siswono, T. Y. E., & Khabibah, S. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Mengajukan Masalah Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5834–5844. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3275
Rasiman. (2015). Leveling of critical thinking abilities of students of mathematics education in mathematical problem solving. Journal on Mathematics Education, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1941.40-52
Rasyid, M. A. (2017). Profil Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 171–181. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9849
Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800
Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160
Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198
Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH, 4(1), 1393–1406.
Agnafia, D. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Florea, 6(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Chodijah, M. (2017). Urgensi Bimbingan Kolaboratif bagi Anak yang Mengalami Learning Disabilities di Sekolah Dasar. Syifa Al-Qulub, 1(2). https://doi.org/10.15575/saq.v1i2.1430
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221
Griffin, P., & C. (2015). Policy Pathways for Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_15
Kusaeri, & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about Critical Thinking among Indonesian mathematics pre-service teachers. International Journal of Instruction, 12(1), 573–590. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12137a
Rani, H., Siswono, T. Y. E., & Khabibah, S. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Mengajukan Masalah Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5834–5844. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3275
Rasiman. (2015). Leveling of critical thinking abilities of students of mathematics education in mathematical problem solving. Journal on Mathematics Education, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1941.40-52
Rasyid, M. A. (2017). Profil Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 171–181. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9849
Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800
Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160
Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198
Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH, 4(1), 1393–1406.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal