Mengeksplor Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Membuktikan Toerema Berdasarkan Gaya Kognitif

Authors

  • Nurul Aini a:1:{s:5:"en_US";s:18:"STKIP PGRI Jombang";}

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10736

Keywords:

Berpikir Kritis, teorema, Gaya Kognitif

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan berpikir kritis mahasiswa calon guru matematika dalam membuktikan toerema berdasarkan gaya kognitif. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas PGRI Jombang. Instrumen penelitian adalah Tes GFFT, teorema dan pedoman wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator fokus FI memahami informasi dengan membaca pelan, membagi informasi teorema menjadi beberapa bagian dan mengembangkan informasi sesuai dengan pemikirannya. Sedangkan  FD, memahami informasi dengan membaca secara keras dan informasi tidak dikembangkan; pada indikator Reason dan Inference, FD memberikan alasan tidak mendalam dan rinci, sedangkan FI tidak ; Indikator Situation, FI dan FD menggunakan semua informasi yang ada dalam pembuktian; pada indikator Clarity, FI lebih  menjelaskan istilah lebih mendalam dan rinci, sedangkan FD tidak; pada indikator Overview, FI mengecek dari diawal prosesnya sampai pada hasil akhir kemudian menyimpulkan pembuktiannya benar. Sedangkan FD hanya melihat hasil akhir saja sama dengan yang diminta di awal.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Chodijah, M. (2017). Urgensi Bimbingan Kolaboratif bagi Anak yang Mengalami Learning Disabilities di Sekolah Dasar. Syifa Al-Qulub, 1(2). https://doi.org/10.15575/saq.v1i2.1430

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221

Griffin, P., & C. (2015). Policy Pathways for Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_15

Kusaeri, & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about Critical Thinking among Indonesian mathematics pre-service teachers. International Journal of Instruction, 12(1), 573–590. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12137a

Rani, H., Siswono, T. Y. E., & Khabibah, S. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Mengajukan Masalah Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5834–5844. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3275

Rasiman. (2015). Leveling of critical thinking abilities of students of mathematics education in mathematical problem solving. Journal on Mathematics Education, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1941.40-52

Rasyid, M. A. (2017). Profil Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 171–181. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9849

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH, 4(1), 1393–1406.

Agnafia, D. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Florea, 6(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Chodijah, M. (2017). Urgensi Bimbingan Kolaboratif bagi Anak yang Mengalami Learning Disabilities di Sekolah Dasar. Syifa Al-Qulub, 1(2). https://doi.org/10.15575/saq.v1i2.1430

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221

Griffin, P., & C. (2015). Policy Pathways for Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_15

Kusaeri, & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about Critical Thinking among Indonesian mathematics pre-service teachers. International Journal of Instruction, 12(1), 573–590. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12137a

Rani, H., Siswono, T. Y. E., & Khabibah, S. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Mengajukan Masalah Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5834–5844. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3275

Rasiman. (2015). Leveling of critical thinking abilities of students of mathematics education in mathematical problem solving. Journal on Mathematics Education, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1941.40-52

Rasyid, M. A. (2017). Profil Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 171–181. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9849

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH, 4(1), 1393–1406.

Agnafia, D. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Florea, 6(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Chodijah, M. (2017). Urgensi Bimbingan Kolaboratif bagi Anak yang Mengalami Learning Disabilities di Sekolah Dasar. Syifa Al-Qulub, 1(2). https://doi.org/10.15575/saq.v1i2.1430

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221

Griffin, P., & C. (2015). Policy Pathways for Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_15

Kusaeri, & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about Critical Thinking among Indonesian mathematics pre-service teachers. International Journal of Instruction, 12(1), 573–590. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12137a

Rani, H., Siswono, T. Y. E., & Khabibah, S. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Mengajukan Masalah Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5834–5844. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3275

Rasiman. (2015). Leveling of critical thinking abilities of students of mathematics education in mathematical problem solving. Journal on Mathematics Education, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1941.40-52

Rasyid, M. A. (2017). Profil Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 171–181. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9849

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH, 4(1), 1393–1406.

Downloads

Published

2024-10-17

How to Cite

Aini, N. (2024). Mengeksplor Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Membuktikan Toerema Berdasarkan Gaya Kognitif. Pi: Mathematics Education Journal, 7(2), 100–110. https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10736

Issue

Section

Articles