ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TIPE LEARNING DISABILITIES PADA TOPIK GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v5i1.6926Keywords:
Pemahaman Konsep Matematika; Learning Disabilities; GeometriAbstract
Anak berkebutuhan khusus (ABK) memilki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Salah satu tipe ABK adalah Learning disabilities. Seorang anak Learning disabilities memiliki kesulitan dalam cmembaca, menulis dan matematika. Oleh sebab itu, Peneliti ingin menganalisis pemahaman konsep matematika ABK tipe learning disabilities pada topik geometri. Dimana geometri merupakan bagian matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian diambil dari SMP Swadaya Kesamben Jombang, siswa ABK yang ada di sekolah tersebut berjumlah satu orang. Instrumen utama adalah peneliti dan instrumen pendukung dalam penelitian ini ada 2 yaitu lembar tes pemahaman konsep matematika dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, pemahaman konsep matematika siswa ABK learning disabilities tidak memenuhi semua indikator. Indikator yang muncul hanya empat indikator yaitu Interpreting, Exemplifying, Classifying, dan Summarizing. Hal ini dikarenakan lebih mudah dikaitkan dengan objek visual. Dibandingkan dengan indikator inferring, comparing dan explaining yang membutuhkan pemikiran lebih komplek dan membutuhkan keterampilan membaca dan menulis. Hal ini membuktikan bahwa siswa ABK learning disabilities membutuhkan objek visual atau alat peraga dalam membantu memahami suatu materi
Downloads
References
Dinie Ratri Desiningrum. 2007. “Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.†Depdiknas: 1–149.
Höft, Lars, and Sascha Bernholt. 2019. “Longitudinal Couplings between Interest and Conceptual Understanding in Secondary School Chemistry: An Activity-Based Perspective.†International Journal of Science Education 41(5).
Husniati, Andi, I. Ketut Budayasa, Dwi Juniati, and Le Carol Lant. 2020. “Analysis of Deaf Students Understanding Math Concepts in the Topic of Geometry (Rectangle Shape): A Case Study.†Journal for the Education of Gifted Young Scientists 8(3): 1213–29.
Kambey, Retty Anastasia, Ariantje Dimpudus, and Azainil Azainil. 2018. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Katolik Santo Mikail Balikpapan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Kubus Dan Balok Tahun Ajaran 2016/2017.†Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika 7(2).
Lilianti, Lilianti. 2020. “Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Psikologi Belajar Di SMA Negeri 3 Kendari.†Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 20(1): 1–11.
Mulyadi, Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus.
Ontario Rusmono, Danny. 2019. “Penanganan Bagi Siswa Dengan Learning Disability Yang Dapat Dilakukan Oleh Orang Tua Dan Guru: Literature Review.†JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) 6(2).
Rosdiana, Ms., I Ketut Budayasa, and Agung Lukito. 2019. “Female Students’ Reasoning of Primary School Teacher Education in Solving Geometry Problems.†227(Icamr 2018): 300–301.
Sains, Pelajaran, D I Sd, and Negeri Losari. 2021. “2020 / 2021 PENDAHULUAN Pembelajaran Disekolah Inklusi Merupakan Hal Yang Penting Untuk Diperhatikan . Sekolah Inklusi Merupakan Sekolah Yang Dibuat Untuk Mendidik Anak – Anak Pada Umumnya , Namun Menyediakan Tempat Juga Bagi Anak – Anak Berkebutuhan Yang.†: 1–7.
Sumarmo, Utari. 2014. “Asesmen Soft Skill Dan Hard Skill Matematik Siswa Dalam Kurikulum 2013.†(564).
UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA 1945.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.
Whyte, Shelagh. 2017. “Understanding and Enriching Problem Solving in Primary Mathematics.†Education 3-13 45(2): 292–94.
Winarsih, Murni. 2017. XIII HIKMAH PENDIDIKAN INTEGRASI DAN PENDIDIKAN INKLUSI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal