Kesulitan Mahasiswa Magister Tadris Matematika dalam Menyelesaikan Tesis dan Solusi Penyelesaiannya
Main Article Content
Abstract
Tesis adalah karya ilmiah tertulis yang dibuat secara mandiri berdasarkan penelitian lapangan atau studi pustaka sebagai materi kajian akademis. Mahasiswa sering menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan saat menulis tugas akhir. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan, menganalisis faktor-faktor penyebabnya, serta mencari solusi untuk membantu mahasiswa menyelesaikan tesis. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode studi kasus, peneliti berperan sebagai instrumen utama, sedangkan instrumen pendukung berupa angket dan pedoman wawancara. Partisipan dalam penelitian adalah mahasiswa prodi S2 Tadris Matematika Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebanyak 36 mahasiswa. Analisis data mengikuti tahapan: mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail dengan mengcoding data, mendeskripsikan kategori dan tema, menghubungkan tema-tema, menginterpretasi data. Jenis-jenis kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menulis tugas akhir yaitu: menyusun instrumen penelitian, menginterpretasikan dan menafsirkan hasil analisis data, menyusun pembahasan, dan mendapatkan referensi rujukan. Adapun faktor-faktor intern penyebab mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tesis ini yaitu: kuliah sambal bekerja, kurang memahami substansi isi tesis, kelalaian dalam mengatur waktu, masalah keluarga. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yaitu: melakukan pertemuan rutin dengan mahasiswa, berkoordinasi dengan dosen pembimbing, dan melakukan monitoring dan evaluasi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal
References
Alhamad, H., & Donyai, P. (2021). The Validity of the Theory of Planned Behaviour for Understanding People’s Beliefs and Intentions toward Reusing Medicines. Pharmacy, 9(1), 58. https://doi.org/10.3390/pharmacy9010058
Arsita, M., Antosa, Z., & Noviana, E. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Aquinas 5(1). http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index
Asmawan (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 26(2) .
Fadilah, A. A., Hartantri, S. D., & Noviyanti, W. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. Unitex 12(2).
Febrina, W., Arif, M., Studi Teknik Industri, P., & Tinggi Teknologi Dumai Jl Utama Karya Bukit Batrem, S. I. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. 12(2).
Kirom, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 2(2), 204–226. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2
Kocimaheni, A. A., Aminin, Z., & Kartika, A. D. (2020). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Surabaya Dalam Penyelesaian Studinya. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 7(2). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v7n2.p139
Mulyatno, C. B. (2022). Persepsi Para Mahasiswa tentang Pentingnya Komunikasi Dialogis dalam Proses Penyelesaian Skripsi. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6981–6990. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3938
Pratiwi, Desi Eka & Roosyanti, A. (2019). Analisis Faktor Penghambat Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar 10(1). https://doi.org/10.21009/JPD.010.10
Saputra, M., Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M., Rahmattullah, M., & Hasanah, M. (2024). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Mahasiswa Tingkat Akhir Di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 12(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v12n2.p183
Septiana, N. (2020). Analisis Pemahaman Mahasiswa Prodi Tadris Biologi (TBG) Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Educatio 15(1), 41–50. https://doi.org/10.29408/edc.v15i1.2339
Setyaningrum Winarni, D., & Nugraheni, D. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menuliskan Tugas Akhir. PAWIYATAN XXIX (2) (2022) 76-82. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan
Sumiarni, N., (2022). Analisis Kesulitan dalam Penyelesaian Skripsi Perspektif Mahasiswa dan Dosen Pembimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. El-Ibtikar (Vol. 11, Issue 2) 208-232.
Susanti, R. H. (2023). Penulisan Karya Ilmiah sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. In Jurnal Inovasi Edukasi (Vol. 06, Issue 01).
Susetyo & Noermanzah (2020). Kemampuan Dan Kesulitan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bengkulu Dalam Menulis Proposal Penelitian Skripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 3(2), 182–201. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2
Wakhyudin, H., Dwi, A., & Putri, S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(1).