Analisis Kompetensi Profesional Guru SMK dalam Memanfaatkan Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran

Main Article Content

Agustinus Tamo Bapa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis kompetensi professional guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital, menguasai materi pembelajaran, melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa, mengelola program mengajar, dan faktor pendukung, faktor penghambat serta solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan kompetensi professional guru. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil manajemen mutu, wakil kesiswaan, guru, dan siswa di SMK Negeri 1 Kodi Balghar. Hasil yang didapatkan adalah : 1) penggunaan media pembelajaran berbasis digital  belum optimal  dan belum memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh sekolah seperti komputer, dan proyektor, 2)  guru di SMK sudah menguasai materi  dan mengaitkan materi pembelajarannya dengan kondisi yang terjadi pada saat ini, 3) dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa dan guru sudah melakukan dengan memberikan soal latihan maupun tes untuk mengukur kemampuan siswa, 4)   dalam mengelola program mengajar guru sudah mengupayakan merumuskan tujuan pembelajaran dan melihat capaian pembelajaran, 5) faktor  pendukung dalam kompetensi profesional guru di SMK adalah tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan, sedangkan faktor penghambatnya masih  ada guru yang belum optimal dalam penggunaan IT, 6) solusi untuk mengatasi persoalan tersebut dengan mengikuti pelatihan, lokakarya, house training, MKG, dan KKG.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tamo Bapa, A. (2025). Analisis Kompetensi Profesional Guru SMK dalam Memanfaatkan Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran. Pi: Mathematics Education Journal, 8(1), 12–22. https://doi.org/10.21067/pmej.v8i1.11655
Section
Articles

References

Aindra, A. D., Wibawa, A. P., & Nurhadi, D. (2022). Teacher’s competence and performance: A systematic theoretical study. International Journal of Education and Learning, 4(1), 65–80. https://doi.org/10.31763/ijele.v4i1.397

Alguacil, M., & Anagnostopoulos, C. (2022). LinkedIn in sport management education: Developing the students’ professional profile boosting the teaching-learning process. The International Journal of Management Education, 20, 100611. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100611

Anghelo Josué, Bedoya-Flores, M. C., Mosquera-Quiñonez, E. F., Mesías-Simisterra, Á. E., & Bautista-Sánchez, J. V. (2023). Educational platforms: Digital tools for the teaching-learning process in education. Ibero-American Journal of Education & Society Research, 3(1), 259–263. https://doi.org/10.56183/iberoeds.v3i1.626

Baumert, J., Kunter, M., Blum, W., Brunner, M., Voss, T., Jordan, A., Klusmann, U., Krauss, S., Neubrand, M., & Tsai, Y.-M. (2010). Teachers’ mathematical knowledge, cognitive activation in the classroom, and student progress. American Educational Research Journal, 47(1), 133–180. https://doi.org/10.3102/0002831209345157

Baumert, J. (2013). Professionelle Kompetenz von Lehrkräften. Wiesbaden, Jerman: Springer VS. https://doi.org/10.1007/978-3-658-00908-3

Danim, S. (2015). Pengembangan profesi guru (Edisi 3). Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Hakim, A. (2015). Contribution of competence teacher (pedagogical, personality, professional competence, and social) on the performance of learning. Journal of Education and Practice, 6(14), 1–12.

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Hurqa, H., Alkadri, H., & Pendidikan, A. (2022). Kompetensi profesional guru dalam pembelajaran di SMK Negeri 2 Padang. JOHEM: Journal of Higher Educational Management, 1(1), 8–13.

Ilyas. (2022). Strategi peningkatan kompetensi profesional guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34–40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158

Iqbal. (2018). Manejemen pengembangan kompetensi profesional guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 65–75.

Laelandi, R., Widodo, A., & Sriyati, S. (2022). Depth of science learning materials in schools and student concept mastery. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1470–1478. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1706

Nkundabakura, P., Nsengimana, T., Uwamariya, E., Nyirahabimana, P., Nkurunziza, J. B., & Mukamwambali, C. (2024). Contribution of continuous professional development (CPD) training programme on Rwandan secondary school mathematics and science teachers’ pedagogical. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11992-2

Nurdiansyah, A., Erviana, V. Y., & Mohammad, N. (2023). Professional competence of teachers on thematic learning in elementary education. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 2(1), 31–46. https://doi.org/10.56741/ijlree.v2i01.109

Postholm, M. B. (2018). Teachers’ professional development in school: A review study. Cogent Education, 5(1), 1–22. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1522781

Purwanto, I. (2024). Analisis kompetensi profesional guru penggerak dalam mengelola pembelajaran di sekolah dasar. JR-PGSD: Jurnal Rinjani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 206–213.

Qutni, D., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Human resource management in improving the quality of education. International Journal of Educational Administration, Management, and Leadership, 2(2), 354–366.

Rindawan, R., & Supriadin, M. (2023). Evaluasi manajemen pembelajaran Madrasah Aliyah Manhalul Ma’arif Darek menggunakan evaluasi model CIPP. Jurnal IKA PGSD (JIME), 9(1), 628–640. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4698

Roberts, K., Dowell, A., & Nie, J. (2019). Attempting rigour and replicability in thematic analysis of qualitative research data: A case study of codebook development. BMC Medical Research Methodology, 19, 66. https://doi.org/10.1186/s12874-019-0707-y

Saripudin. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 67–88.

Schindler, L. A., Burkholder, G. J., Morad, O. A., & Marsh, C. (2017). Computer-based technology and student engagement: A critical review of the literature. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14, 25. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0063-0

Sudjana. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar (Edisi Revisi). Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Sulastri, S., Happy, F., & Martha, A. (2020). Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa. Journal of Education Research, 1(3), 258–264.

Tamrin, R. (2023). Manajemen pembelajaran (W. Hani, Ed.; Edisi Digital). Makassar, Indonesia: CV. Jejak.

Zhang, S., Shi, Q., & Lin, E. (2020). Professional development needs, support, and barriers: TALIS US new and veteran teachers’ perspectives. Professional Development in Education, 46(3), 440–453. https://doi.org/10.1080/19415257.2019.1614967