PELAKSANAAN LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY DI MGMP MATEMATIKA SMP KOTA MALANG TAHUN 2017

  • Lely Setyaningsih SMP Negeri 7 Malang

Abstract

Guru matematika harus selalu belajar demi meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalnya untuk menjadi fasilitator yang baik bagi peserta didik dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan. Lesson study merupakan salah satu model pembinaan terhadap guru melalui pengkajian kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan dalam membangun komunitas belajar. Lima belas guru matematika yang tergabung dalam MGMP Matematika SMP Kota Malang melaksanakan Lesson Study for Learning Community dalam 3 kegiatan plan dan 3 kegiatan dosee. Lesson study mampu meningkatkan kompetensi guru dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.

References

Baba, Takuya. 2007. How is Lesson Study Implemented Dalam Isoda, M. Stephen, M. Ohara Y, & Miyakawa, T. Japanese Lesson Study in Mathematics Its Impact, Diversity and Potential for Educational Improvement. New Jersey USA: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.

Depdiknas. 2009. Program Perluasan Lesson Study Untuk Penguatan LPTK. Jakarta.

Friedkin, Shelley. 2005. What is Lesson Study?, (Online), (http://www.lessonresearch.net), diakses: 11 September 2005.

Sparks, Dannis. 1999. Overview of Lesson Study, (Online), (http://www.nwrel.org/msec/lesson study/overview.html), diakses: 27 Juni 2006.

Sukirman. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Lesson Study. Makalah disampaikan pada kegiatan Pelatihan 2 hari untuk fasilitator dan Tim TPK SISTTEMS Bantul Emergency Program, Bantul, 11-12 Agustus 2006.

Widjajanti, D. B. 2006. Pengembangan Kompetensi Guru Matematika Melalui Lesson Study. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dan Konferensi Nasional Matematika, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 24-27 Juli 2006.
Published
2018-04-30
How to Cite
Setyaningsih, L. (2018). PELAKSANAAN LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY DI MGMP MATEMATIKA SMP KOTA MALANG TAHUN 2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 47-56. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2325
Section
Articles