PELAKSANAAN LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY DI MGMP MATEMATIKA SMP KOTA MALANG TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2325Abstract
Guru matematika harus selalu belajar demi meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalnya untuk menjadi fasilitator yang baik bagi peserta didik dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan. Lesson study merupakan salah satu model pembinaan terhadap guru melalui pengkajian kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan dalam membangun komunitas belajar. Lima belas guru matematika yang tergabung dalam MGMP Matematika SMP Kota Malang melaksanakan Lesson Study for Learning Community dalam 3 kegiatan plan dan 3 kegiatan dosee. Lesson study mampu meningkatkan kompetensi guru dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.Downloads
References
Depdiknas. 2009. Program Perluasan Lesson Study Untuk Penguatan LPTK. Jakarta.
Friedkin, Shelley. 2005. What is Lesson Study?, (Online), (http://www.lessonresearch.net), diakses: 11 September 2005.
Sparks, Dannis. 1999. Overview of Lesson Study, (Online), (http://www.nwrel.org/msec/lesson study/overview.html), diakses: 27 Juni 2006.
Sukirman. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Lesson Study. Makalah disampaikan pada kegiatan Pelatihan 2 hari untuk fasilitator dan Tim TPK SISTTEMS Bantul Emergency Program, Bantul, 11-12 Agustus 2006.
Widjajanti, D. B. 2006. Pengembangan Kompetensi Guru Matematika Melalui Lesson Study. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dan Konferensi Nasional Matematika, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 24-27 Juli 2006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal