MENCARI FAKTOR-FAKTOR PSIKIS PENYEBAB TERJADINYA DYSCALCULIA

  • Sumadji Sumadji Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: faktor-faktor psikis, dyscalculia

Abstract

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar jumlahnya banyak. Faktor IQ dan faktor bersifat fisik dan eksternal sudah banyak diteliti oleh berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan mencari faktor-faktor psikis yang menjadi penyebab terjadinya dyscalculia (kesulitan belajar matematika) di kalangan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Universitas Kanjuruhan Malang pada program studi pendidikan matematika. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang menempuh matakuliah KPB pada semester genap tahun 2016/2017 sebanyak 36 orang. Kuliah tersebut diampu sendiri oleh peneliti. Instrumen UTS dan UAS telah valid dan reliabel diambil dari dokumen bank soal dengan melakukan sedikit modifikasi. Angket yang digunakan terdiri atas 11 butir mewakili faktor-faktor psikis selain IQ. Satu faktor diantaranya dikembangkan menjadi tiga butir. Validitas dan reliabilitas angketdianalisis berbantuan program SPSS 16.0. Adanya gangguan dyscalculia dapat diketahui dari kinerja mahasiswa pada lembar UTS dan UAS. Taraf kesulitan dibedakan atas tiga kategori yaitu kesulitan ringan, sedang, dan berat. Setelah diketahui adanya gangguan dyscalculia, maka untuk mengetahui faktor psikis penyebabnya digunakan angket. Untuk mendalami masalah penyebab, penulis melakukan wawancara dengan 6 butir pertanyaan terbuka terhadap 10 responden dipilih secara proporsional dari mahasiswa terindikasi dyscalculia bertaraf sedang dan berat. Hasil dari penelitian adalah semua mahasiswa terindikasi mengalami dyscalculia dengan rincian taraf ringan 3%, taraf sedang 28% dan berat 69%. Mahasiswa yang merasa ‘ingatan/kemampuannya kurang’ dalam memahami KPB berjumlah 92,6%, ‘kurang/sulit fokus’ terhadap materi kuliah 63% dan mahasiswa yang cukup percaya diri tetapi “cukup malu” dan “agak cemas” ketika kuliah, tes atau presentasi sebanyak 59,3%.

Author Biography

Sumadji Sumadji, Universitas Kanjuruhan Malang
Program Studi Pendidikan Matematika

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Caryono, S dan Suhartono.2012. Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mat.Yogya: Prosiding Semnasmat FMIPA UNY.

Corey, Gerard. 2010. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Davidson, J.E., dan Sternberg, R.J. 2003.The Psychology of Problem Sol-ving.Cambridge: Cambridge Uni-versity Press.

Fudyartanta. 2012. Psikologi Kepribadian. Yogya: Pustaka Pelajar.

Hallen, A. 2005.Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.

Haryadi, D. 2007. Perilaku Bermasalah Remaja Muncul Lebih Dini. http://www.Duniaguru.com.Diakses 29 September 2016.

Masrura, Sitti Inayah. 2013. Faktor-faktor Psikologis yang Mempengaruhi Kesadaran Metakognisi Mat.Jurnal Vol. 1 No. 1 Des. 2013. Makassar: UIN Alauddin.

Mason, J., Burton, L., Stacey, K. 2010. Thinking Mathematically,2nd Edition, Harlow: Prentice Hall.

Mulyasa, E. 2010.Menjadi Guru Profesional. Jakarta: PT. Rosdakarya.

Purwoto, A. 2007.Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Jakarta: PT. Gramedia.

Sardiman, A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman bagi Guru danCalon Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sholikah, A.U., Slamet. 2011. Analisis Kesulitan Mahasw.P. Mat. dlm Menyelesaikan Soal KPB di Univ. Muhd.Surakarta. Lap. Penelitian.

Soegiyono.2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Soleh, M. 1999. Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah.Jakarta: Depdikbud.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.

Sufiyah, Siti. 2002. Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal PDB Orde Satu pada Mahasiswa Semester V. Univ. Muhammdiah Purworejo.

Sumadji. 2010. Motivasi dan Cara Belajar Mahasiswa PMatematikaMalang: Laporan Penelitian.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widdiharto, Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Remedinya, Yogyakarta: Pustaka Baru.

Yusuf, Munawir dkk.2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: PT Tiga Serangkai.
Published
2018-04-30
How to Cite
Sumadji, S. (2018). MENCARI FAKTOR-FAKTOR PSIKIS PENYEBAB TERJADINYA DYSCALCULIA. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 57-64. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2326
Section
Articles