EFEKTIFITAS TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DI IKIP BUDI UTOMO MALANG

Main Article Content

Welas Listiani
Anik Kurniawati
Ika Oktaviana Purnamasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Trigonometri dengan metode tutor sebaya yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Penelitian ini mengambil subjek mahasiswa kelas 2016A di IKIP Budi Utomo Malang yang terdiri dari tiga puluh lima mahasiswa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan persentase keberhasilan masing-masing siklus adalah 34%, 50% dan 70%. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran rigonometri dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2016A IKIP Budi Utomo Malang.

Article Details

How to Cite
Listiani, W., Kurniawati, A., & Purnamasari, I. (2018). EFEKTIFITAS TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DI IKIP BUDI UTOMO MALANG. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 70-74. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2328
Section
Articles
Author Biographies

Welas Listiani, IKIP Budi Utomo Malang

Program Studi Pendidikan Matematika

Anik Kurniawati, IKIP Budi Utomo Malang

Program Studi Pendidikan Matematika

Ika Oktaviana Purnamasari, IKIP Budi Utomo Malang

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Arikunto,S dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, E,B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Mok,K.K. dan Ho,Y.L. 1983. A Complete Course of General Mathematics. Hongkong: Hung Fung Book.

Muhsetyo, G. dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mustaji dan Sugiarso. 2005. Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik. Surabaya: Unesa University Press.

Sharan,S. 2009. Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: Imperium.

Silver,H.F., dkk. 2013. Pengajaran Matematika. Jakarta: Indeks.

Sumantri,S. dan Syaodih,N. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutherland,P. 1992. Cognitive Development Todays Piaget and His Critics. London: Paul Chapman.