EFEKTIFITAS TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DI IKIP BUDI UTOMO MALANG
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2328Keywords:
tutor sebaya, trigonometri, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Trigonometri dengan metode tutor sebaya yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Penelitian ini mengambil subjek mahasiswa kelas 2016A di IKIP Budi Utomo Malang yang terdiri dari tiga puluh lima mahasiswa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan persentase keberhasilan masing-masing siklus adalah 34%, 50% dan 70%. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran rigonometri dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2016A IKIP Budi Utomo Malang.Downloads
References
Johnson, E,B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.
Mok,K.K. dan Ho,Y.L. 1983. A Complete Course of General Mathematics. Hongkong: Hung Fung Book.
Muhsetyo, G. dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mustaji dan Sugiarso. 2005. Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik. Surabaya: Unesa University Press.
Sharan,S. 2009. Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: Imperium.
Silver,H.F., dkk. 2013. Pengajaran Matematika. Jakarta: Indeks.
Sumantri,S. dan Syaodih,N. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sutherland,P. 1992. Cognitive Development Todays Piaget and His Critics. London: Paul Chapman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal