PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KELAS VIII BERCIRIKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI STATISTIKA

Soffie Kirana, Zuhrotun Nazihah

Abstract

Ketersediaan LKS matematika untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Pasuruan yang digunakan saat ini kurang menarik dan inovatif. Hal tersebut menjadikan siswa kurang aktif serta memaknai pembelajaran yang diterima. Oleh karena itu, perlu disusun dan dikembangkan LKS yang berkualitas. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS bercirikan RME yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahapan yaitu: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan ( design), dan 3) pengembangan (development). Berdasarkan analisis data terhadap uji kevalidan LKS diperoleh 3,69. Hasil uji coba terhadap uji kepraktisan pada aktivitas siswa diperoleh 4,45 dan aktivitas guru 4,63. Dan hasil uji coba terhadap uji keefektifan diperoleh rata-rata nilai akhir siswa adalah 87,87, sedangkan hasil analisis uji keefektifan produk diperoleh 86,6%. Berdasarkan data tersebut maka produk yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

References

Hobri. 2008. “Realistic Mathematics Education (RME): Konsepsi dan Pelaksanaannya. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik”. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik, Lembaga Penelitian Universitas Jember, 23-24 Agustus 2008.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Ni’matillah, Rizka. 2016. “Pengaruh RME Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Siswa”. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP 1) ISSN 2502-6526, 12 Maret 2016.

Suryaningsih, Nuning. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kelas VIII Bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Thesis tidak diterbitkan: Malang. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Malang.

Authors

Soffie Kirana
soffie.kirana.sk@gmail.com (Primary Contact)
Zuhrotun Nazihah
Kirana, S., & Nazihah, Z. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KELAS VIII BERCIRIKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI STATISTIKA. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 127–133. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2786

Article Details