PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK

Authors

  • Gilang Azwardi Universitas Suryakancana
  • Rani Sugiarni Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v2i2.3335

Keywords:

Model LAPS-Heuristic; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah setelah penerapan model LAPS-Heuristic(Logan Avenue Problem Solving) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Cibeber. Jenis penelitian kuantitatif tipe Quasi Experimen dengan bentuk Design The Nonequivalent Prettest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 1 Cibeber.  Adapun penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari 3 kelas melalui teknik purposive samplingdan melibatkan sampel sebanyak 53 orang yang berasal dari dua kelas yang pilih. Kelas X IPA 2 dipilih sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan model LAPS-Heuristik dan kelas X IPA 1 dipilih sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrument berupa tes  kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kuisioner sikap siswa. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan software SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data penelitian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunkan model pembelajaran LAPS-Heuristic lebih baik di bandingan menggunakan model pembelajaran biasa. Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model LAPS-Heuristic(Logan Avenue Problem Solving)sebagian besar positif.

Katakunci: Model LAPS-Heuristic; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Komala, Elsa. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika.Cianjur: Universitas Suryakancana.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM).(2000). Executive SummaryPrinciples and Standards for School Mathematics. Reston, USA:NCTM,Inc. Tersedia: https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf.

Purba, Oktaviana Nirmala, Syahriani Sirait. (2017). “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Trigonometri dengan Model Laps-Heuristic pada Kelas X SMA Syafiyyatul Amaliah†Dalam Proseding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA [ offline], volume2 (1) 13 halaman. Tersedia:https://osf.10/preprints/inarXIV/fhq3e/

Rahman, Irasilviana, Nerru Pranuta Murnakadan Wiwik Wiyanti. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Laps(Logan Avenue Problem Solving)-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah†Dalam Wacana Akademi [ offline], volume2 (1) 13 halaman. Tersedia:http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index-php/wacanaakademik/article/view/2556

Ruseffendi, E, T. (2006).Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Susanti, Witna, Andri Novianto dan Mira Amelia Amri. (2016). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristic Di Kelas X SMA N 2 Batang Anai†Dalam JURNAL GANTANG Pendidikan Matematika FKIP[online], Vol. 1 (2) 12 halaman.

Yulianto, Gogot Dwi, Ketut Suastika dan Tridja Fayeldi. (2019). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Sistem Permamaan Linier Dua Variabel†DalamPi: Mathematisc Education Journal[ofline], Vol. 2 (01) 7 halaman. Tersedia: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/index

Downloads

Published

2019-10-14

How to Cite

Azwardi, G., & Sugiarni, R. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 62–68. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i2.3335

Issue

Section

Articles