PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEORI BILANGAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH

Ulum Fatmahanik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas bahan ajar teori bilangan berbasis macromedia flash serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap bahn ajar yang telah dikembangkan. Bahan ajar ini disusun menggunakan program Macromedia Flash Professional 8. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam menghasilkan produk. Hasil penilaian ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar teori bilangan berbasis macromedia flash yang telah dikembangkan mempunyai kualitas baik dengan diperoleh skor 80,63%.  Sedangkan hasil penilaian ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar teori bilangan berbasis macromedia flash mempunyai kualitas baik dengan diperoleh skor 84,17%. Sedangkan respon mahasiswa 52% menyatakan baik dan 40,06% mahasiswa menatakan sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut berarti bahan ajar teori bilangan berbasis macromedia flash layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri dalam pembeljaran teori bilangan

References

Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Konstruksi pengembangan pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Dubin, F., Eskey, D. E., Grabe, W., & Savignon, S. (1986). Teaching second language reading for academic purposes. Addison-Wesley Reading, MA.
Durri, A. A., Raharjo, H., & Muchyidin, A. (2016). Applications of Mathematics Charged Islamic Values by Using Macromedia Flash and Camtasia. ITEj (Information Technology Engineering Journals), 1(1).
Iji, C. O., Ogbole, P. O., & Uka, N. K. (2014). Effect of improvised instructional materials on students achievement in Geometry at the Upper Basic Education Level in Makurdi Metropolis, Benue State, Nigeria. Educational Research and Reviews, 9(15), 504–509.
Mahardika, I. K. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal, Matematis, Gambar, dan Grafik Mahasiswa Calon Guru Fisika [PhD Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nwike, M. C., & Catherine, O. (2013). Effects of use of instructional materials on students cognitive achievement in agricultural science. Journal of Educational and Social Research, 3(5), 103.
Paradesa, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 56–84.
Shodikin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 1–11.
Uzuegbu, C. P., Mbadiwe, H. C., & Anulobi, J. C. (2013). Availability and utilization of instructional materials in teaching and learning of library education in tertiary institutions in Abia state. Wudpecker Journal of Educational Research, 2(8), 111–120.
Wicaksono, D. S., & Hakim, F. N. (2013). Media Pembelajaran Fisika Interaktiv Bahasan Kapasitor Berbasis Flash Dan XML. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 3(2).
Zakiyah, M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah di SMA/MA Kelas XI. SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia-Fakultas Sastra UM.

Authors

Ulum Fatmahanik
fatmahaniku@gmail.com (Primary Contact)
Ulum Fatmahanik. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEORI BILANGAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH. Pi: Mathematics Education Journal, 3(2), 100–107. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i2.4828

Article Details