EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING (E-LEARNING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052Keywords:
e-learning, achievementAbstract
Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai efektivitas pembelajaran matematika berbasis daring(E-learning) terhadap prestasi belajar siswa. Jadi perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran daring(E-learning). Pembelajaran daring(E-learning) berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan siswa dengan menggunakan elektronik dan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Media daring yang digunakan adalah bermacam-macam (whatsApp,Google Classroom,Youtube). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran matematika berbasis daring(E-learning). Metode yang dikumpulkan dalam mengumpulkan data adalah memberikan evaluasi kepada narasumber yaitu siswa kelas XI SMA melalui WhatsApp dan Google Classroom.
Downloads
References
Hakim, L., & Khusniya, I. L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris . Universitas Islam Negeri Mataram: Jurnal Tatsqif.
Indrawati, Farah. "Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3.3 (2015).
Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51-66.
Miarso,Y. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, and Meidawati Suswandari. "Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV." Jurnal Inovasi Penelitian 1.3 (2020): 265-276.
Nurani, Najila Indah, Din Azwar Uswatun, and Luthfi Hamdani Maula. "Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal PGSD 6.1 (2020): 50-56.
Setyosari, P. (2008). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Dosen Jurusan TEP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal