EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING (E-LEARNING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Ayus Dandi Ayus a:1:{s:5:"en_US";s:13:"IAIN parepare";}
  • Gusniwati Gusniwati IAIN Parepare
  • Buhaerah Buhaerah IAIN Parepare

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052

Keywords:

e-learning, achievement

Abstract

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai efektivitas pembelajaran matematika berbasis daring(E-learning) terhadap prestasi belajar siswa. Jadi perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran daring(E-learning). Pembelajaran daring(E-learning) berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan siswa dengan menggunakan elektronik dan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Media daring yang digunakan adalah bermacam-macam (whatsApp,Google Classroom,Youtube). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran matematika berbasis daring(E-learning). Metode yang dikumpulkan dalam mengumpulkan data adalah memberikan evaluasi kepada narasumber yaitu siswa kelas XI SMA melalui WhatsApp dan Google Classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hakim, L., & Khusniya, I. L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris . Universitas Islam Negeri Mataram: Jurnal Tatsqif.

Indrawati, Farah. "Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3.3 (2015).

Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51-66.

Miarso,Y. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, and Meidawati Suswandari. "Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV." Jurnal Inovasi Penelitian 1.3 (2020): 265-276.

Nurani, Najila Indah, Din Azwar Uswatun, and Luthfi Hamdani Maula. "Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal PGSD 6.1 (2020): 50-56.

Setyosari, P. (2008). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Dosen Jurusan TEP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING (E-LEARNING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052

Issue

Section

Articles