MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN METODE SYDW PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 3 PAREPARE
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v4i2.5206Keywords:
metode SYDW, media pembelajaran, pandemi covid-19Abstract
Pemanfaatan dan sosialisasi video instruksional adalah solusi efektif untuk pembelajaran online selama pandemi Covid-19. Video pembelajaran ini berbantuan aplikasi YouTube dan WhatsApp. Penggunaan aplikasi ini dapat membantu siswa berpartisipasi dalam kegiatan selama pandemi Covid-19.Selain itu, aplikasi YouTube dan WhatsApp juga dapat memberikan inovasi bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran online. Metode yang digunakan adalah SYDW (Sharing to Youtube and Discussion in WhatsApp ). Kegiatan ini dilaksanakan di UPTD SMPN 3 Parepare, Kecamatan Bacukiki Barat,Kelurahan Bumi Harapan, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini melibatkan siswa SMP kelas IX.1. Hasil survei menunjukkan bahwa melalui penggunaan video pembelajaran berbasis YouTube dan WhatsApp, sebagian besar siswa dapat memahami materi dengan baik. Dengan video pembelajaran, siswa juga termotivasi untuk belajar. Selain itu, belajar juga menjadi menyenangkan dan menarik. Sehingga, video pembelajaran dapat menjadi alternatif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di tengah pandemi Covid-19. Video pembelajaran tersebut dapat membantu guru menyampaikan pelajaran dengan baik dan jelas. Sehingga, siswa lebih mudah memahami pelajaran karena adanya penjelasan dari guru yang mereka lihat melalui video pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis YouTube dan WhatsApp dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa dan sebagai inovasi pembelajaran bagi guru.
Downloads
References
Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49-56. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.i d/index.php/jtt/article/view/71
Amal, B. K. (2019). Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (Wag). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3 7292
Aslam, A. F. F. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from https://www.academia.edu/download /63965375/Artikel_Andi_Fahdilah_F itriani_Aslam20200719-22478- 8wzhuj.pdf
Astuti, A. (2021). Whatsapp dalam Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid 19 di MTs Alhutsaimin pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 10-16. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jpt am/article/view/1028
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7. Retrieved from https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/in teligensi/article/view/1356
Lasabuda, N. E. (2018). Pengembangan Media Youtube Dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian Di Smk Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Jurnal Pascasarjana, 2(2), 270-275. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JPS/article/view/145
Pangarsa, A. A. T. (2020). Implementasi Media Video Youtube dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MI Miftahul Abror. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 154-166. Retrieved from http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.i d/index.php/modeling/article/view/6 63
Prajana, A. (2017). Pemanfaatan aplikasi whatsapp untuk media pembelajaran dalam lingkungan uin ar-raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122-133.
Sari, N., & Surya, E. (2017). Analysis effectiveness of using problem posing model in mathematical learning. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 13-21. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/2493 35822.pdf
Setiawati, G. A. D., & Ekayanti, N. W. (2020). Potret Pembelajaran Menggunakan Whatsapp, Google Classroom, Dan Youtube Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar 2020, 225-230. Retrieved from http://ejournal.unmas.ac.id/index.php/webinaradat/article/view/1217
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal