MATHEMATIC FINGER GAME BERPENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Elly's Mersina Mursidik a:1:{s:5:"en_US";s:23:"Universitas PGRI Madiun";}
  • Veni Ambarwati

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v4i2.5151

Keywords:

Mathematics finger game, open-ended, kreatif dan kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan solusi alternatif melalui pembelajaran interaktif bagi siswa sekolah dasar untuk meningkatkan operasi hitung perkalian menggunakan mathematic finger game.  Subjek penelitian adalah siswa kelas rendah sekolah dasar (kelas 4, 5 dan 6).  Metode Dick and Carey digunakan dalam pengembangan ini dengan tahapan identifikasi tujuan, analisis kebutuhan, identifikasi tingkah laku awal siswa, merumuskan tujuan, pengembangan test acuan kriteria, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan dan memilih media pembelajaran, merancang. Perpaduan tiga permainan jari yaitu Hompipah, suit Indonesia dan suit Jepang menjadi Mathematic finger game yang dikaitkan dengan operasi hitung peraklian. Permainan dikemas menjadi pembelajaran interkatif berpendekatan open-ended dengan melibatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menjawab sesuai kebebasan berpikir terarah serta kemampuan berpikir kritis dalam memberi dan menerima masukan atas jawaban penyelesaian masalah yang dapat diterima secara logis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir. (2018). Literasi Matematis dan Upaya Pengembangannya dalam Pembelajaran di Kelas. Seminar Pendidikan Matematika, 1–16.
BSNP. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Cheng, Y. W., Wang, Y., Cheng, I. L., & Chen, N. S. (2019). An in-depth analysis of the interaction transitions in a collaborative Augmented Reality-based mathematic game. Interactive Learning Environments, 27(5–6), 782–796. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1610448
Cifarelli, V. V., & Cai, J. (2005). The evolution of mathematical explorations in open-ended problem-solving situations. Journal of Mathematical Behavior, 24(3–4), 302–324. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2005.09.007
Guberman, S. R., & Saxe, G. B. (2000). Mathematical Problems and Goals in Children’s Play of an Educational Game. Mind, Culture and Activity, 7(3), 217–226. https://doi.org/10.1207/S15327884MCA0703
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nenti, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 9, 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69
Rudyanto, H. E., Hadi, F. R., & Winanto, A. (2019). Singapore Bar Model Approach in Teaching Math VI Open Ended Mathematical Problem Solving : an Analysis of Elementary Students ’ Creative Thinking Abilities. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012078
Vandermaas-Peeler, M., Ferretti, L., & Loving, S. (2012). Playing The Ladybug Game: Parent guidance of young children’s numeracy activities. Early Child Development and Care, 182(10), 1289–1307. https://doi.org/10.1080/03004430.2011.609617
Yaftian, N. (2015). The Outlook of the Mathematicians’ Creative Processes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2519–2525. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.617

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Mursidik, E. M., & Ambarwati, V. (2021). MATHEMATIC FINGER GAME BERPENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR . Pi: Mathematics Education Journal, 4(2), 55–62. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i2.5151

Issue

Section

Articles