PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7468Keywords:
GeoGebra, Respon Siswa, Minat BelajarAbstract
Pada dunia pendidikan saat ini, guru dituntut untuk menggunakan berbagai macam media dalam proses belajar mengajar di kelas. Adanya media dapat dijadikan alat untuk membangkitkan minat belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan adalah Geogebra. Aplikasi ini dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah dengan beberapa kegunaan yaitu: sebagai media pembelajaran matematika, alat bantu membuat bahan ajar matematika dan sebagai media dalam menyelesaikan soal matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMK Putra Jaya School Batam pada kelas X TKJ dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan metode uji t, analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa respon siswa dalam menggunakan aplikasi GeoGebra berpengaruh terhadap minat belajar secara signifikan. Sementara itu, pengaruh dari variabel respon siswa terhadap minat belajar bernilai positif yang artinya jika respon siswa meningkat maka minat belajar juga akan mengalami peningkatan. Sedangkan pada koefisien determinasi menunjukkan hasil bahwa respon siswa memiliki proporsi pengaruh terhadap minat belajar sebesar 47,5% pada pembelajaran matematika.
Downloads
References
Agung, S. (2018). Pemanfaatan apliksi geogebra dalam pembelajaran matematika SMP. Prosiding Seminar Nasional, 03(1), 312–322.
Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 134–143. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.173
Hohenwarter, M., & Hohenwarter, J. (2011). Introduction to GeoGebra 4. https://research.shu.ac.uk/geogebra/GIS_Guides/Introduction to GeoGebra.pdf
Khoiriyah, S., & Pitaloka, D. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp. Prosiding Seminar Nasional Matematika …, 211–214. https://103.88.229.17/index.php/pspm/article/view/54%0Ahttps://103.88.229.17/index.php/pspm/article/download/54/46
Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 469–477.
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 11–19. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356
Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.
Setyono, T., Afri, L. E., & Deswita, H. (2011). Jurnal – Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP. Jurnal Matematika, 2(1), 1–10.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Pelajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 44.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal