PENGARUH SELF-REGULATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7487Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui apakah terdapat atau tidak terdapat pengaruh antara self-regulation terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di 4 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dengan sampel sebesar 82 siswa. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara self-regulation terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar. Pada uji koefisien determinasi meunjukkan bawha aspek-aspek self-regulation dalam penelitian ini sebesar 38,4% mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar
Downloads
References
Adicondro, N., & Purnamasari, A. 2011. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Kelurga dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, 8(1), 17-27.
Albab, R., U., Wanabuliandari, S., Sumaji. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Gagung Duran Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1767-1775.
Alhadi, S., & Supriyanto, A. 2017. Self-Regulated Learning Concept: Student Learning Progress. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Bimbingan Konseling, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, (pp. 333-342).
Anindyta, P., & Suwarjo. 2014. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Regulasi Diri Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 209-222.
Budiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian (Edisi ke-2). Surakarta: UNS Press.
Ekawati, Utaminingsih, S., Sumaji 2022. Efektivitas Model
Guided Inquiry Learning Dan Model Blended Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada
Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(5), 140-145.
Fakhriyah, F., Rosya, M., Sumaji. 2014. Penerapan Pembelajaran Tematik Berwawasan Multiple Intellegence Dalam Upaya Membentuk Karakter Siswa. Di Sd It Al Islam Kudus. Refleksi Edukatika; Jurnal Ilmiah Kependidikan. 4(1).
Mahdoni, Syahniar, & Bentri, A. 2017. Hubungan Self Esteem dengan Prestasi Belajar Siswa Underachiever serta Impikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Makalah disajikan dalam International Counseling and Education Seminar, Universitas Negeri Padang, Padang, (pp. 80-87).
Maslihah, L. N., & Hasyim, M. 2019. Pengaruh Self-Esteem, Self-Regulation, dan Self-Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(2), 44-50.
Nur, F., & Latief, A. K. 2016. Pengaruh Self Esteem dan Self Regulation terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Biotek, 4(2), 244-261.
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. 2020. Pengaruh Regulasi Diri dan Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30.
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Savira, F., & Suharsono, Y. 2013. Self-Regulated Learning (SRL) dengan Prokrastnasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 66-75.
Usmadi. 2020. Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas. Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62.
Yulianti, P., Sano, A., & Ifdil. (98-102). Self Regulated Learning Siswa dilihat dari Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 2016.
Zariah, A. 2013. Pembelajaran Regulasi Diri pada Santri di Pondok Pesantren Modern. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal