Pengaruh Mathematical Digital Book (MAGIC BOOK) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Eko Sugandi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya";}
  • Hanim Faizah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v6i2.8243

Abstract

Abad 21 menuntut setiap orang untuk dapat mengembangkan kompetensinya dan memiliki kemampuan bersaing sesuai dengan tuntutan global. Keterampilan berpikir kritis mampu melatih seseorang dalam menghadapi segala tantangan dan melakukan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari hari. Peran teknologi dalam pembelakjaran sangat penting untuk pencapaian proses pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh limplementasi Mathematical Digital Creative Book (MAGIC BOOK) yang telah dikembangkan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasikan kepada ahli. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif pre-experimental dengan One-shot Study Research Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sidoarjo dan Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MAGIC BOOK yang telah dikembangkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Sehingga, MAGIC BOOK dapat digunakan sebagai buku pendamping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Ananda. (2022). Berpikir Kritis: Pengertian, Manfaat, Cara Mengasah & Rekomendasi Buku. Gramedia Blog.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.

Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., Hasanah, U., Pendidikan, F. I., Jakarta, U. N., & Dasar, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 14–23.

Djawa, Y. L., Senides, E., Taunu, H., Wulandari, M. R., Nuhamara, T. I., Bima, S. A., & Ndakularak, I. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Himpunan. 3(35), 116–122.

Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889

Faizah, H., Sugandi, E., & Susiloningsih, W. (2022a). Development of Mathematics Digital Creative ( Magic ) Book for Elementary School. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 5(1), 95–104.

Firdausi, B. W., Yermiandhoko, Y., & Surabaya, U. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 229–243.

Fitriani*, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669

Kusumawardani, V. P. (2020). Peningkatan Berpikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Animasi Analisis Grafis. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI INDONESIA Vol., 5(2), 27–32.

Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355

Mukhlishah, I. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Model Pembelajaran Discovery Learning. Islamic Elementary Education Journal, 1(1), 45–58.

Ristiasari, T., Priyono, B., Sukaesih, S., & Biologi, J. (2012). Unnes Journal of Biology Education Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Info Artikel. J.Biol.Educ, 1(3), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb

Rusnah, R., & Mulya, O. T. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 239–256. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6760

Siti Zubaidah. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, September, 1–7.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 72–80. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Eko Sugandi, & Hanim Faizah. (2023). Pengaruh Mathematical Digital Book (MAGIC BOOK) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Pi: Mathematics Education Journal, 6(2), 67–72. https://doi.org/10.21067/pmej.v6i2.8243

Issue

Section

Articles