Penerapan Pembelajaran Media Pohon Matematika Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa IPA SMA
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v6i2.8418Abstract
Mengembangkan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis maupun bekerja sama sudah lama menjadi fokus dan perhatian pendidik matematika di kelas, karena hal itu berkaitan dengan sifat dan karakteristik keilmuan matematika. Padahal kemampuan itu yang sangat diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya suatu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang dapat membantu mengembangkan kreativitas siswa lewat pola pikir kreatifnya. Dalam pembelajaran matematika, pengajuan masalah (problem posing) menempati posisi yang strategis. Pengajuan masalah dikatakan sebagai inti terpenting dalam disiplin matematika dan dalam sifat pemikiran penalaran matematika. penelitian yang menggabungkan dua pendekatan pembelajaran yaitu problem posing dan open ended untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa berupa pembelajaran dengan menggunakan media pohon matematika. Penelitian ini mengambil pokok bahasan persamaan kuadrat yang dibahas pada kelas XI semester ganjil. Pokok bahasan ini diambil dengan alasan bahwa materi persamaan kuadrat mempunyai peranan yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, selain itu berdasarkan hasil wawancara pada observasi awal sebelum melakukan penelitian bahwa banyak siswa masih belum memahami betul tentang persamaan kuadrat. Â
Downloads
References
Arsyad, A. (2007). Pengertian Media. Media Pembelajaran.
Astriyani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.23-30
Fatimah, & Nurhidayah. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pohon Matematika Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. In Journal on Pedagogical Mathematics (Vol. 1, Issue 1).
Liyawati, I. A., & Sulistyaningrum, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Osborn Dengan Media Pohon Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1).
Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., & Tangerang, U. M. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2).
Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
Putra, H. D., Amelia, R., & Sariningsih, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Mathematical Problem Posing Siswa Antara Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Saintifik. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.2932
Siswono, T. Y. E. (2004). Mendorong Berpikir Kreatif melalui Pengajuan Maslah (Problem Posing). Journal of Mathematics Education, 1(1).
Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1, 1–15.
Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1.
Suherman, S. (2013). Proses Bernalar Siswa Dalam Mengerjakan Soal-Soal Operasi Bilangan Dengan Soal Matematika Realistik. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v1i2.468
Sumiharsono, R. dan, & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Cetakan Pertama.
Taufik, A. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open Ended Dan Problem Posing Dengan Media Pohon Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.33474/jpm.v1i2.723
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity, 1(1), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal