Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint dan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP
Indonesian
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v7i1.9624Keywords:
Media Powerpoint Quizizz Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint dan Quizizz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimend dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi pada peneletian ini adalah siswa kelas VIII SMPT Alchodidjah Tebuireng Jombang Tahun Pelajaran 2023/2024 dan sekaligus sebagai sampel penelitian karena hanya terdapat satu kelas. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest berjumlah 4 soal cerita materi pythagoras yang telah divalidasikan kepada ahli. Teknik analisis data adalah uji hipotesis menggunakan Paired t Test. Uji hipotesis ini berupa uji beda pretest dan posttest sehingga diketahui perubahan nilai pada masing-masing individu. Berdasarkan data tabel hasil output SPSS, nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dengan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa nilai Sig. < α sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan antara sebelum perlakuan dengan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran powerpoint dan quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dalam materi pythagoras.
Downloads
References
Ayunengdyah, N., Suharningsih & Iffah, J., 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Quizizz Pada Materi Aljabar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Theorems (The Original Reasearch of Mathematics, 6(2), pp. 148-156.
Budianti, Y; Rikmasari, R; Oktaviani, DA, 2023. Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), pp. 127-136.
Budianti, Y., Rikmasari, R. & Oktaviani, D., 2023. Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), pp. 127-136.
Dewi, L.U; Irwandi, D; Bahriah, E.V, 2021. Pengaruh Media Formatif Online Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), pp. 19-26.
Hidayat, A., 2013. Stastikian. [Online]
Available at: https://www.statistikian.com/2012/07/uji-ancova.html.
[Accessed Minggu November 2023].
Isman, M., 2023. Statistik Dasar Untuk Penelitian Pendidikan dilengkapi dengan penghitungan SPSS. Solok Sumatera Barat: Mafy Media Literasi Indonesia.
Mustofa, I., Mursidah & Nurfadillah, 2021. Analisis Pengaruh Price Earning Ratio dan Earning Per Share Return Saham pada Sub Sektor Property and Real Estate yang terdaftar di BEI. Burneo Student Research, 2(2), pp. 1460-1468.
Nugraha, F., Nur'aeni, E., Suryana, Y. & Wahimd, M., 2021. Efektivitas Media Powerpoint dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), pp. 2760-2768.
Prasinto, BR, 2022. Penggunaan Media Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran di SDN Cimpon Kelas II tahun 2021/2022. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 2(3), pp. 176-184.
Rahman, M; Mahmud, N., 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas x SMAN 3 Majene. Jurnal Saintifik, 4(1), pp. 83-92.
Soeprianto, H., Turmuzi, M., Junaidi & Lu'luilmaknun, U., 2023. Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Geogebra dan Augmented Reality. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 76-68.
Sungkono, S., Apiati, V. & Santika, S., 2022. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mustofa; Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), pp. 459-470.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal