Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman

Authors

  • Yovita Nius Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Rosita Dwi Ferdiani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Tatik Retno Murniasih Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v7i2.12553

Keywords:

analisis kesalahan, Prosedur Newman, aritmatika sosial, soal cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kesalahan siswa SMP Negeri 2 Wagir kelas VII dalam mengerjakan soal cerita matematika, untuk mengetahui faktor penyebab siswa salah dalam menyelesaiakan soal cerita dan untuk mengetahui jenis kesalahan yang paling dominan yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 2 Wagir berdasarkan klasifikasi kesalahan Newman. Metode  penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes, kuesioner, dan wawancara, serta dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wagir yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang kecenderungan untuk melakukan kesalahan dalam memahami soal, transformasi, keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah siswa tidak teliti membaca soal, tidak teliti menemukan hal yang diketahui dalam soal, tidak mengetahui permasalahan dalam soal, tidak tau rumus yang seharusnya digunakan dan mengikuti jawaban teman.

References

Andayani, M.” 2017. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Segiempat Berdasarkan Tahapan Newman. Universitas Kanjuruhan.

Aulia, K., Trapsilasiwi, D., & Sugiarti, T. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Segi Empat Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Jurnal Matematika. 9(1): 106-115.

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PAEDAGOGIA, Jilid 11, Nomor 1. Halaman 1-8.

Fatahillah, A., Wati, F.Y., & Susanto. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang diberikan. Jurnal Kadikma 8 (1).

Ferdiani, R. D., Marsitin, R., Nur, R., & Dinnullah, I. (2024). Pengembangan Microlearning berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Matematika Learning . Project Based Learning merujuk pada model pengajaran berbasis penyelidikan. 13(1), 329–345.

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. 2016. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) 5 (1).

Hudzaifah. 2013. Pembelajaran Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains 1 (4).

Islamiyah, A., Prayitno, S., & Amruallah. 2018. Analisis Kesalahan Siswa SMP Pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika 5 (1).

Karnasih, I. 2015. Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal PARADIKMA 8 (1).

Ketut, S & ), Nyamik, R., S. (2023). ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI KELAS X TKJ SMKN 1 GEMPOL TAHUN PELAJARAN 20222023. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 34–39.

Kuswanti, Y., Sudirman., & Nusantara, T. 2018. Deskripsi Kesalahan Siswa Pada Penyelesaian Masalah

Oktaviana, D. 2017. “Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Matematika Diskrit“, Jurnal Pendidikan Saink dan Matematika, Vol.5, No.2, 2017, hal. 22-32.

Nur, R.,Suastika, K., & Sesanti, N. R. (2023). ANALISIS KESALAHAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI KELAS X TKJ SMKN 1 GEMPOL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 34–39.

Oktaviana, D. 2017. Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 5 (2).

Rahardjo, M., dan Astuti, W. (2011).Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar (Modul Matematika SD dan SMP Program BERMUTU).Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Rahayuningsih, P. Qohar, A. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Dan Scaffolding-nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109-116.

Rahmania, L., Rahmawati, A. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 1 (2).

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta). Jurnal elektronik pembelajaran matematika 4 (7).

Trapsilo, T. E. B. 2016. Menganalisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Materi Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa IX Smp N 1 Banyubiru. https://www.academia.edu/28618664/Jurnal Analisis Kesalahan.

Ulfa, D., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 542–550.

Wati, M. K., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. 6(1): 9-16.

White, A.L. 2010. Evaluasi Dari Analisis Permasalahan Newman. (online) Tersedia di (www.mav.vic.edu.au/files/comferences/2009/08White.pdf) diakses 17 september 2018.

Yulia,R., Fauzi., & Awaluddin. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika Dikelas V SDN 37 Bada Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nius, Y., Ferdiani, R. D., & Murniasih, T. R. (2025). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.21067/jtst.v7i2.12553

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Loading...