Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • albertini beda witin
  • Rosita Dwi Ferdiani
  • Riski Nur Istiqomah Dinnullah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.6655

Abstract

Siswa perlu memiliki kemampuan memecahkan masalah. Hasil belajar siswa dapat meningkat sebagai hasil dari pengembangan keterampilan ini. Salah satu pendekatan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa adalah metodologi Pembelajaran Berbasis Masalah. Menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret kelas VIII SMPS Simon Petrus Lewoluo merupakan tujuan dari penelitian ini. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yang memungkinkan adanya penjelasan deskriptif dari data yang dikumpulkan. Tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi adalah beberapa teknik penelitian yang digunakan. Penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, merupakan jenis penelitian yang dilakukan. Tingkat penyelesaian pratindakan sebesar 40% dengan skor rata-rata 66,1 dan 12 siswa menyelesaikannya; tingkat penyelesaian siklus I sebesar 70% dengan skor rata-rata 73,30 dan 21 siswa menyelesaikannya; dan tingkat penyelesaian siklus II sebesar 83,33% dengan skor rata-rata 81,6 dan 25 siswa menyelesaikannya. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Paradigma pembelajaran Problem Based Learning layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika, sebagaimana ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase.

Downloads

Published

2025-04-27

How to Cite

Witin, A. B., Ferdiani, R. D., & Dinnullah, R. N. I. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(4), 329–336. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.6655

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Loading...