Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inquiry science issues Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Dan Kerjasama Pada Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i3.9619Keywords:
berpikir kritis, kerjasama, LKPD, Inquiry science issuesAbstract
Berdasarkan hasil observasi siswa kelas VII di SMP PGRI 02 Singosari kurang aktif dalam proses pembelajaran hal ini karena guru masih menerapkan pembelajaran secara konvensional dan dari hasil angket yang disebarkan siswa kurang memahami materi yang diajarkan, selain itu guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku cetak dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menghasilkan LKPD berbasis inquiry science issues yang layak, 2) mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan, 3) mengetahui kerjasama peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan, 4) mengetahui respon peserta didik setelah menggunakn LKPD inquiry sciencee issues yang dikembangkan. Desain penelitian ini yaitu R & D dengan model 4D: Definne (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini adalah : 1) dihasilkan LKPD berbasis inquiry science issues yang dinyatakan layak oleh ahli materi dan media dengan persentase pencapaiannya sebesar 95,83% dan 79,168% dengan kategori valid, 2) LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan memperoleh rata-rata skor 0,64 dengan kategori sedang atau cukup efektif. 3) LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kerjasama peserta didik dengan kategori sangat baik pada hasil angket, serta LKPD yang dikembangkan mendapat respon dari peserta didik dengan kategori sangat positif.
References
Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., & Supeno. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwanagi. Jurnal Pendidikan, 1, 240–256.
Rekysika, N. S. (2015). Upaya peningkatan kemampuan kerjasama melalui kegiatan kelompok A TK Negeri Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo. 2015, 1–239.
Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877
Suwatno, S., Indonesia, U. P., Santoso, B., & Indonesia, U. P. (2023). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. June 2020. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853
Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., & Supeno. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwanagi. Jurnal Pendidikan, 1, 240–256.
Rekysika, N. S. (2015). Upaya peningkatan kemampuan kerjasama melalui kegiatan kelompok A TK Negeri Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo. 2015, 1–239.
Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877
Suwatno, S., Indonesia, U. P., Santoso, B., & Indonesia, U. P. (2023). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. June 2020. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi