Kajian Etnomatematika pada Vihara Avalokiteswara di Desa Candi Pamekasan untuk Meningkatkan Jiwa Berkebhinekaan Global
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi potensi Vihara Avalokitesvara di Pamekasan, Madura, sebagai sumber pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Vihara ini, selain menjadi simbol toleransi antar umat beragama, mengandung berbagai elemen budaya yang terkait dengan konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas etnomatematika pada Vihara Avalokitesvara di Desa Candi, Pamekasan, sebagai upaya meningkatkan jiwa berkebhinekaan global pada siswa SD; dan untuk mengidentifikasi nilai-nilai matematika yang terdapat pada Vihara Avalokitesvara untuk mendukung jiwa berkebhinekaan global siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek budaya seperti Vihara Avalokitesvara dapat menjadi konteks pembelajaran matematika yang relevan dan bermakna, meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Penelitian ini mengidentifikasi unsur-unsur geometris pada vihara, seperti bangun datar (persegi panjang, persegi, segitiga, trapesium, lingkaran, dan setengah lingkaran) dan bangun ruang (balok, kerucut, tabung). Pendekatan ini tidak hanya memperkaya pembelajaran matematika, tetapi juga memperkuat nilai-nilai kebhinekaan global, toleransi, dan penghargaan terhadap keberagaman budaya. Guru diharapkan dapat memanfaatkan elemen budaya lokal untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, kontekstual, dan menyenangkan bagi siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal
References
Aini, Z., Afifah, N., & Hasanah, S. I. (2019). Etnomatematika dalam Keraben Sapeh Madura. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Semarang, 3(2), 177–183. https://doi.org/10.26737/jmedives.v3i2.1236
Ediyanto, Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap motivasi dan hasil belajar materi matematika SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.312
Hafsi, A. R., & Hasanah, S. I. (2018). Kajian etnomatematika pada rumah adat Taneyan Lanjeng. Dalam Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun (pp. 191–197). Universitas PGRI Madiun.
Hasanah, U. (2021). Desain didaktis dengan pembelajaran matematika realistik pada konsep luas permukaan kubus dan balok. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.860
Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2021). Efektivitas e-modul matematika berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.482
Lubis, A. N. M. T., Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2021). The ability to solve mathematical problems through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1832, 012055. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012055
Nugraha, T., Maulana, M., & Jayadinata. (2017). Pengaruh pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika budaya Sunda terhadap kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa pada materi persegipanjang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 761–770.
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Albab, I. U. (2021). Desain pembelajaran kerucut berkonteks tradisi Megono Gunungan. Jurnal Elemen, 7(1), 14–27. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2904
Octafiana, M., Misdalina, & Fitriasari, P. (2022). Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi segitiga. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 110–118. https://doi.org/10.53682/indiktika.v4i2.4326
Pathuddin, H., Kamariah, & Nawawi, M. I. (2021). Buginese ethnomathematics: Barongko cake explorations as mathematics learning resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312. https://doi.org/10.22342/jme.12.2.13181.295-312
Purba, T. N., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Pengembangan LKS pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika dengan konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun pada materi geometri bangun ruang tabung. Jurnal Basicedu, 6(3), 4686–4700. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2552
Redaksi J5. (2022, December 20). Vihara Avalokitesvara, simbol kerukunan beragama di Pulau Madura. J5 Newsroom. https://j5newsroom.com/2022/12/20/vihara-avalokitesvara-simbol-kerukunan-beragama-di-pulau-madura/
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics / Etnomatemática: Os aspectos culturais da matemática. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54. http://www.etnomatematica.org/index.php/Revista/article/view/41
Sari, T. A. M., Sholehatun, A. N., Rahma, S. A., & Prasetyo, R. B. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada seni batik Madura dalam pembelajaran geometri. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 71–77. https://doi.org/10.30595/jimath.v2i2.10461
Sari, A. K., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2022). Ethnomathematics study: Cultural values and geometric concepts in the traditional “Tanean-Lanjang” house in Madura-Indonesia. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 7(1), 46–54. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i1.16640
Sholihah, W., Basri, H., Ghafur, A., & Salman. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional engklek. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1096–1104. https://doi.org/10.56003/kognitif.v4i3.239
Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese architecture. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 47–57. https://doi.org/10.20961/jmpm.v10i1.37715
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik Madura. Sigma, 2(2), 35–40.
Zayyadi, M., Hasanah, S. I., & Surahmi, E. (2018). Ethnomathematics exploration in traditional games as a form of student’ social interaction. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 125–133. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2732