Kajian Etnomatematika pada Vihara Avalokiteswara di Desa Candi Pamekasan untuk Meningkatkan Jiwa Berkebhinekaan Global

Main Article Content

Fetty Nuritasari
Sri Indriati Hasanah
Bambang Kurnadi
Wildanus Sholihah

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi potensi Vihara Avalokitesvara di Pamekasan, Madura, sebagai sumber pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Vihara ini, selain menjadi simbol toleransi antar umat beragama, mengandung berbagai elemen budaya yang terkait dengan konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas etnomatematika pada Vihara Avalokitesvara di Desa Candi, Pamekasan, sebagai upaya meningkatkan jiwa berkebhinekaan global pada siswa SD; dan untuk mengidentifikasi nilai-nilai matematika yang terdapat pada Vihara Avalokitesvara untuk mendukung jiwa berkebhinekaan global siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek budaya seperti Vihara Avalokitesvara dapat menjadi konteks pembelajaran matematika yang relevan dan bermakna, meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Penelitian ini mengidentifikasi unsur-unsur geometris pada vihara, seperti bangun datar (persegi panjang, persegi, segitiga, trapesium, lingkaran, dan setengah lingkaran) dan bangun ruang (balok, kerucut, tabung). Pendekatan ini tidak hanya memperkaya pembelajaran matematika, tetapi juga memperkuat nilai-nilai kebhinekaan global, toleransi, dan penghargaan terhadap keberagaman budaya. Guru diharapkan dapat memanfaatkan elemen budaya lokal untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, kontekstual, dan menyenangkan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nuritasari, F., Sri Indriati Hasanah, Kurnadi , B., & Sholihah, W. (2025). Kajian Etnomatematika pada Vihara Avalokiteswara di Desa Candi Pamekasan untuk Meningkatkan Jiwa Berkebhinekaan Global. Pi: Mathematics Education Journal, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.21067/pmej.v8i1.11114
Section
Articles

References

Aini, Z., Afifah, N., & Hasanah, S. I. (2019). Etnomatematika dalam Keraben Sapeh Madura. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Semarang, 3(2), 177–183. https://doi.org/10.26737/jmedives.v3i2.1236

Ediyanto, Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap motivasi dan hasil belajar materi matematika SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.312

Hafsi, A. R., & Hasanah, S. I. (2018). Kajian etnomatematika pada rumah adat Taneyan Lanjeng. Dalam Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun (pp. 191–197). Universitas PGRI Madiun.

Hasanah, U. (2021). Desain didaktis dengan pembelajaran matematika realistik pada konsep luas permukaan kubus dan balok. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.860

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2021). Efektivitas e-modul matematika berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.482

Lubis, A. N. M. T., Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2021). The ability to solve mathematical problems through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1832, 012055. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012055

Nugraha, T., Maulana, M., & Jayadinata. (2017). Pengaruh pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika budaya Sunda terhadap kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa pada materi persegipanjang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 761–770.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Albab, I. U. (2021). Desain pembelajaran kerucut berkonteks tradisi Megono Gunungan. Jurnal Elemen, 7(1), 14–27. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2904

Octafiana, M., Misdalina, & Fitriasari, P. (2022). Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi segitiga. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 110–118. https://doi.org/10.53682/indiktika.v4i2.4326

Pathuddin, H., Kamariah, & Nawawi, M. I. (2021). Buginese ethnomathematics: Barongko cake explorations as mathematics learning resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312. https://doi.org/10.22342/jme.12.2.13181.295-312

Purba, T. N., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Pengembangan LKS pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika dengan konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun pada materi geometri bangun ruang tabung. Jurnal Basicedu, 6(3), 4686–4700. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2552

Redaksi J5. (2022, December 20). Vihara Avalokitesvara, simbol kerukunan beragama di Pulau Madura. J5 Newsroom. https://j5newsroom.com/2022/12/20/vihara-avalokitesvara-simbol-kerukunan-beragama-di-pulau-madura/

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics / Etnomatemática: Os aspectos culturais da matemática. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54. http://www.etnomatematica.org/index.php/Revista/article/view/41

Sari, T. A. M., Sholehatun, A. N., Rahma, S. A., & Prasetyo, R. B. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada seni batik Madura dalam pembelajaran geometri. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 71–77. https://doi.org/10.30595/jimath.v2i2.10461

Sari, A. K., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2022). Ethnomathematics study: Cultural values and geometric concepts in the traditional “Tanean-Lanjang” house in Madura-Indonesia. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 7(1), 46–54. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i1.16640

Sholihah, W., Basri, H., Ghafur, A., & Salman. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional engklek. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1096–1104. https://doi.org/10.56003/kognitif.v4i3.239

Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese architecture. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 47–57. https://doi.org/10.20961/jmpm.v10i1.37715

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik Madura. Sigma, 2(2), 35–40.

Zayyadi, M., Hasanah, S. I., & Surahmi, E. (2018). Ethnomathematics exploration in traditional games as a form of student’ social interaction. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 125–133. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2732