Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Segiempat dan Segitiga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Di SMP ISLAM Soerjo Alam

Main Article Content

Enny Ristanty
Riski Nur Istiqomah Dinnullah
Nur Farida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi segiempat dan segitiga terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdapat 4 tahapan, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas VII SMP ISLAM SOERJO ALAM. Data penelitian diperoleh dari observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi segiempat dan segitiga dapat: (1) meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yaitu sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik sebesar 56,3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 12,12%, setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 78,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,72% pada Siklus I, dan nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 86,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,93% pada Siklus II dan (2) keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari kegiatan guru sebesar 90% (kategori baik), kegiatan peserta didik sebesar 85% (kategori baik) pada Siklus I dan pada Siklus II keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari kegiatan guru meningkat menjadi 96,25% (kategori baik), kegiatan peserta didik menjadi 93,75% (kategori baik).

Article Details

How to Cite
Ristanty, E., Dinnullah, R., & Farida, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Segiempat dan Segitiga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Di SMP ISLAM Soerjo Alam. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 8-14. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1990
Section
Articles

References

Anam, K. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dian , S. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Talking Stick untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 2 Singosari pada Pokok Bahasan Himpunan. Disertai tidak diterbitkan. Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan Malang.
Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Kusumah, W., dan Dwitagama, D. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Rostina, Sundayana. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Watu, Fransiska. 2016. Penerapan Matematika dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP NASIONAL Malang. Disertai tidak diterbitkan. Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan Malang.