Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Ngajum

Titik Riati, Nur Farida

Abstract


Tujuan utama dari pengajaran matematika adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan berfikir kritis, logis, sistematis dan memiliki sikap objektif serta disiplin dalam memecahkan suatu permasalahan matematika. Pemecahan masalah merupakan kompetensi strategi yang ditunjukkan siswa dalam memahami, pendekatan dan strategi pemecahan masalah, serta penyelesaian model untuk menyelesaikan masalah. Model pembelajaran quantum learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, yang mengedepankan unsur-unsur kebebasan, santai, menyenangkan, dan menggairahkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP PGRI 02 Ngajum.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan SMP PGRI 02 Ngajum. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 19 siswa. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model quantum learning sedangkan kelompok kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian yang harus diselesaikan dengan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya.
Berdasarkan pengolahan data dan analisis data dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,446 > ttabel = 2,028, maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP PGRI 02 Ngajum pada pokok bahasan SPLDV.

Full Text:

PDF

References


Abdurrrahman, Alwiyah. 2009. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, terjemahan Quantum Learning by DePorter, Bobbi & Mike Hernacki, Bandung: Kaifa.

Amalia, Lia. 2013. Pengaruh Penerapan Quantum Learning Prinsip Tandur Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa, Skripsi. Bandung: Univesitas Pendidikan Indonesia.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.

Chotimah, N.H. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (MPG) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Desposisi Matematis Siswa di Kelas X pada SMA Negeri 8 Palembang, Skripsi. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

DePorter, B. et al. 2011. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Endahwari, Sapta, Dyah. 2010, Eksperimentasi Pendekatan Pemecahan Masalah Polya dalam metode Diskusi Kelomok Pada Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010, Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Iswandi, Hazrul. 2015. Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 yang Baru Dirilis. (http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Sekelumit-Dari-Hasil-PISA-2015-Yang-Baru-Dirilis.html). Diakses 6 Desember 2016.

Rusmawati, Dewi. 2014. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Satya Wacana.

Sutrisno, Leo. 2011. Pengambilan Sampel.(http://www.scribd.com) Diakses September 2013).

Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenpoler Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Alfabeta.

Yosodipuro, A. 2013. Siswa Senang Guru Gemilang. Strategi Mengajar yang Menyenangkan dan Mendidik dengan Cerdik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  • Jl.S.Supriadi No.48 Malang
    Jawa Timur Indonesia
    Email : pi@unikama.ac.id

ISSN 2597-5161 (print), ISSN 2597-6915 (online)