ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Junita Sari, Fanny Hayati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahman konsep matematis siswa terlihat pada gejala berikut, yaitu siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang sedikit berbeda dari contoh yang diberikan dan siswa kesulitan menerapkan konsep dalam soal cerita. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok. Metodologi yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa SMPN 3 Rambah Samo. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) tes kemampuan pemahaman konsep matematis; (2) observasi;(3) Wawancara (4) dokumentasi. Hasil penelitian dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menunjukkan 82,9%. Dari hasil penelitian ini dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sehingga guru diharapkan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada indikator memberikan contoh dan non contoh dari konsep serta indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur tertentu.

References

Auliya. 2016. Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematika. Jurnal Formatif 6 (1): 12-22.
Ida N. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Numeracy Vol.5 No.1.
Gusni. S. 2006. “Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended untuk Siswa SMP”, Algoritma Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 1, No. 1, Juni.
Leli L.S. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM Vol.10No.2.
Mulyani. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.7 No.2
Qodri A.H . Pengembangan Operasi Pembagian Dengan Menekankan Aspek Pemahaman. ISBN : 978-979-16353-8-7.
Rifqi H. 2016. Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. JPPM Vol.9 No.1.
Risna T. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. ISBN: 978-602-60550-1-9 hal. 440-446.
Suraji. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematicas Education Vol.4 No.1 hal. 9-16
Tifaniar A. 2017. Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal Vol.1 No.1 Hal-34-39
Tommy T.W. 2018. Analisis kemampuan pemahaman matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (UNION) Vol.6 No.1
Yuni Kartika. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol.2 No.4 Hal. 777-78

Authors

Junita Sari
Fanny Hayati
fanny.hayati6586@grad.unri.ac.id (Primary Contact)
Sari, J., & Hayati, F. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14–25. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2838

Article Details