ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2838Keywords:
analisis deskriptif, pemahaman konsep matematis, materi kubus dan balokAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahman konsep matematis siswa terlihat pada gejala berikut, yaitu siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang sedikit berbeda dari contoh yang diberikan dan siswa kesulitan menerapkan konsep dalam soal cerita. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok. Metodologi yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa SMPN 3 Rambah Samo. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) tes kemampuan pemahaman konsep matematis; (2) observasi;(3) Wawancara (4) dokumentasi. Hasil penelitian dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menunjukkan 82,9%. Dari hasil penelitian ini dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sehingga guru diharapkan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada indikator memberikan contoh dan non contoh dari konsep serta indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur tertentu.
Downloads
References
Ida N. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Numeracy Vol.5 No.1.
Gusni. S. 2006. “Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended untuk Siswa SMPâ€Â, Algoritma Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 1, No. 1, Juni.
Leli L.S. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM Vol.10No.2.
Mulyani. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.7 No.2
Qodri A.H . Pengembangan Operasi Pembagian Dengan Menekankan Aspek Pemahaman. ISBN : 978-979-16353-8-7.
Rifqi H. 2016. Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. JPPM Vol.9 No.1.
Risna T. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. ISBN: 978-602-60550-1-9 hal. 440-446.
Suraji. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematicas Education Vol.4 No.1 hal. 9-16
Tifaniar A. 2017. Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal Vol.1 No.1 Hal-34-39
Tommy T.W. 2018. Analisis kemampuan pemahaman matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (UNION) Vol.6 No.1
Yuni Kartika. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol.2 No.4 Hal. 777-78
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal