PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs YASRIB BATU-BATU PADA MASA COVID-19

Authors

  • Hidayatullah Yaya IAIN Parepare
  • Gusniwati IAIN Parepare
  • Buhaerah IAIN Parepare

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5049

Keywords:

pembelajaran daring, minat belajar, COVID-19

Abstract

Artikel ini menggunakan penelitian kualitatif. Artikel penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif yang menggunakan analisis data kualitatif sehingga menjadi paparan data  mudah dimengerti. Pembelajaran pada sekolah menengah pertama atau madrasah tsanawiyah  (MTs) dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran secara daring atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh (dari rumah) dengan bimbingan orang tua dan guru di sekolah. Siswa melakukan pembelajaran daring dan berinteraksi dengan guru menggunakan aplikasi Whatsapp Group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa COVID-19. Responden yang diambil adalah siswa dan guru di MTs Yasrib Batu-batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa, siswa merasa bosan karena tidak bertemu dengan teman dan gurunya secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi, G. (2020). Minat Belajar. https://www.tripven.com/minat-belajar/

Andriani, R & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14958

Ashari, M. (2020). Proses Pembejalaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal.https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-

Aulia, S. (2020). Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi.https://yoursay.suara.com/news/2020/07/20/175556/pembelajaran-daring-pada-masa-pandemi

Contesa, D. (2020). Hubungan Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-

https://mahasiswaindonesia.id/hubungan-orang-tua-dengan-minat-belajarsiswa-pada-masa-covid-19/

Fadli, R. (2020). Coronavirus.https://www.halodoc.com/kesehatan/coronavirus

Isbaniah, F dkk. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disesase. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/COVID-19%20dokumen%20resmi/2%20Pedoman%20Pencegahan%20dan%20Pengendalian%20Coronavirus%20Disease%20(COVID-19).pdf

Meidawati, dan S., & Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, U. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap

Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak.Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5.

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+D+a+ri+n+g+L+e+a+r+n+i+n+g+terhadapHasilBelajarIPASiswaSekolahDasar&btnG=

Mulyana, A. (2020) Pengertian Minat dan Minat Belajar Siswa.https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/minat-belajar.html

Purwanto, A dkk.( 2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/397

Riamin. (2016). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran.https://www.kompasiana.com/riamin/570ec6323697738d1a3e38b6/menumbuhkan-minat-belajar-siswadalam-pembelajaran

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 188-201. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpman

per/article/view/8108

Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA

Siswa Sekolah Dasar.In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No.

.https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+D+a

+ri+n+g+L+e+a+r+n+i+n+g+terhadapHasilBelajarIPASiswaSekolahDasar&btnG

=

Sugianto, O. (2020). Penelitian Kualitatif, Manfaat dan Alasan Penggunaan. https://binus.ac.id/bandung/2020/04/penelitian-kualitatif-manfaat-dan-alasanpenggunaan/

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15314

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai

Dampak Diterapkannya Social Distancing.Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1),

–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tiarasari, R. (2020). Update Covid-19 Global Rabu, 4 November 2020 Malam .https://palu.tribunnews.com/2020/11/04/update-covid-19-global-rabu-4-november-2020-malam-ada-1216173-

kasus-kematian-di-seluruh-dunia.

Wahyono, P., & Husamah, H. (2020). Jurnal pendidikan profesi guru.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Yaya, H., Gusniwati, & Buhaerah. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs YASRIB BATU-BATU PADA MASA COVID-19. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5049

Issue

Section

Articles