ANALISIS ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Yuni Ashari Rachmawati, Evi Widayanti

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengembangkan gagasan yang berkualitas dan berbeda dengan orang lain serta sesuai dengan tugasnya. Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilihat melalui pemberian soal open ended. Soal open ended merupakan soal yang mempunyai beberapa jawaban benar dan banyak cara untuk mendapatkan jawaban tersebut. Soal open ended yang telah dikerjakan akan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pada akhir pemberian masalah dilakukan analisis berdasarkan beberapa indikator kemampuan berpikir kreatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Surabaya tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 5 subjek. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berupa soal open ended yang memiliki banyak jawaban benar dan sudah divalidasi oleh dua validator. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada siswa secara keseluruhan sudah mencapai aspek kelancaran dan elaborasi. Hanya beberapa siswa saja yang mencapai aspek keluwesan dan hanya ada satu siswa yang mencapai aspek kebaruan. Hal ini membuktikan bahwa siswa berkemampuan tinggi pun tidak selalu memenuhi keempat indikator berpikir kreatif.

References

Ahadiyah, Fanni Latifah. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 17 Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Damayanti, Herwinanda Trisnaning. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Siswa Kelas VII SMP Batik Surakarta. Publikasi Ilmiah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Muflikhah, D. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Kelas Viii Dalam. 13–18.
Rahmasari, Dewi Nuur. 2014. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Bangun Ruang Sisi Datar”. Jurnal Universitas Mataram.
Yusuf, M., Zulkardi, & Saleh, T. (2009). Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 48–56.
_____________. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di: https://kbbi.web.id/mampu. diakses 3 Februari 2020.

Authors

Yuni Ashari Rachmawati
Evi Widayanti
eviwidayanti@stkipbim.ac.id (Primary Contact)
Rachmawati, Y. A., & Widayanti, E. (2021). ANALISIS ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. i: athematics ducation ournal, 4(2), 69–76. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i2.5227

Article Details