PENGARUH PBL BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN ZOOM MEETING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Margareta Samung a:1:{s:5:"en_US";s:17:"Pendidikan Fisika";}
  • Sholikhan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nurul Ain Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6225

Keywords:

PBL, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis

Abstract

Model PBL adalah model pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Saat ini telekomunikasi berkembang sangat cepat, TI dapat berperan penting dalam proses pembelajaran. TI menyediakan layanan virtual yang dapat digunakan dalam mengantisipasi keterbatasan sarana fisik dan juga membantu  menumbuhkan sikap yang dibutuhkan.  Pengaplikasian model PBL berbasis E-Learning dengan menggunakan aplikasi zoom meeting adalah salah  kombinasi yang tepat dalam penggunaan telekomunikai untuk pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakn di Sekolah Menengah Atas  Kristen Petra Malang, pada semester genap tahun  pelajaran 2020/2021. Jenis peneitian menggunakan  quasy experiment dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Data dianalisis memakai uji ANOVA dua jalur. Dari  penelitian ini menerangkan  (1) Kemampuan berpikir kritis dari siswa yang diajar dengan tipe pembelajaran PBL dan siswa yang diajar dengan tipe pembelajaran konvensiona,l terdapat perbedaan. Taraf signifikansinya 0,033<0,05. (2) Kemampuan berpikir kritis dari siswa ber motivasi belajar tinggi dengan siswa yang  bermotivasi belajar rendah, terdapat perbedaan. Dengan taraf signifikansinya 0,002<0,05. (3) Antara pengaplikasian tipe pembelajaran PBL dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, tidak  memiliki korelasi. Taraf signifikansinya 0,055>0,05. 

References

Halle, Ricarda Fatima Natalia. 2019. “Penerapan Model Blended Learning Berbasis WhatsApp Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar, Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kela X MIPA SMAK Kesuam MAtaram Tahun Pelajaran 2018/2019 Pada Materi Usaha Dan Energi.” (11150331000034): 1–147.
Kusairi, S. 2013. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9(1): 67–76.
Manggabarani, A Farihah, Sugiarti, and Melati Masri. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur).” Jurnal Chemica 17(2): 83–93.
Kamberek. 2020. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Lewat daring pada Materu Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Minat Belajar, Keaktifan, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2019/2020”
Monica, Junita, and Dini Fitriawati. 2020. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19 As An Online Learning Medium For Students During The Covid-19 Pandemic.” Ejurnal Undana (1): 1630–40.
Nugraha, Arief Juang, dkk. 2017. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Melalui Model PBL.” Journal of Primary Education 6(1): 35–43.

Rahayu. 2016. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Metakognisi Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 9 Pinrang.” : 1–96. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6317/.

Syarif, Izuddin. 2013. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 2(2): 234–49.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Samung, M., Sholikhan, & Ain, N. (2021). PENGARUH PBL BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN ZOOM MEETING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR . RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(4), 313–319. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6225

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2