Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Article Content

Tifaniar Andriani
I Ketut Suastika
Nyamik Rahayu Sesanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep matematika yang dilakukan siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Gempol dalam menyelesaikan soal trigonometri, dan sekaligus juga untuk mengetahui penyebabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian meliputi siswa kelas X TKJ 3 di SMK Negeri 1 Gempol. Teknik pengumpulan menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data hasil tes dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konsep matematika yang sering dilakukan oleh siswa yaitu siswa tidak mampu menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis. Diketahui penyebabnya adalah dikarenakan faktor internal dari siswa seperti pemahaman siswa yang masih kurang, lupa konsep yang sudah diajarkan dan lain-lain.

Article Details

How to Cite
Andriani, T., Suastika, I., & Sesanti, N. (1). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34-39. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1998
Section
Articles

References

Adelyna, Rosita. 2007. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Semarang dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Lingkaran dengan Panduan Kriteria Watson. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. UNNES

Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Dafril,A. 2011. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa. (Prosiding). PGRI Palembang. Tidak diterbitkan.

Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jica

Mu’awinah, Ajnihatin. 2010. Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Satya Wacana.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Cetakan keduabelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Paul Suparno. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruseffendi, E.T.. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.