ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PERBANDINGAN
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v3i2.4531Keywords:
open-ended; kemampuan berpikir kreatifAbstract
Penelitian ini dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi perbandingan. Subjek penelitian terdiri atas 28 peserta didik kelas VII-2 SMP Negeri 23 Malang, kemudian diambil 6 peserta didik untuk dianalisis, karena terdapat kesamaan jawaban di setiap tingkatannya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi metode. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pada kriteria kurang kreatif atau Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) dengan 39,28%, dan kriteria tidak kreatif dengan 60,71%. Kriteria sangat kreatif, kreatif dan cukup kreatif tidak ditemukan subjek pada tingkatan ini. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kemampuan berpikir kreatif dengan kriteria kurang kreatif, siswa mampu memahami soal, memberikan ide, memberikan lebih dari satu jawaban dan menjawab tetapi belum ada unsur kebaruan. Siswa dengan kriteria tidak kreatif terdapat 17 orang, siswa mampu memahami soal, memberikan ide, memberikan satu jawaban walaupun kurang lengkap dan menjawab tetapi belum ada unsur kebaruan.
Downloads
References
Asdarin. 2011. Pembelajaran Materi Bangun Ruang dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 RSBI Banda Aceh, skripsi, (Banda Aceh; Universitas Syiah Kuala, 2011), h. 20-21. 11
Darminto, B.P (2010). Peningkatan Kreativitas dan Pemecahan Masalah bagi Calon Guru Matematika melalui pembelajaran Treffiger, [Online] Tersedia: http://eprint.uny.ac.id/10500/1/p12-Bambang%20Priyo.pdf. [10 Desember 2016]
Fardah, DK 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika melalui Tugas Open Ended (Online). Tersedia: http://feryferdiansyah16.blogspot.co.id/2012/11/berpikirkreatif-matematis.html?m=1 diakses pada 6 Februari 2018
Ghony, M.Djunaidi dan Almanshur, Fauzan, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mochammad Ali Aziz Alhabbah. 2015. Analisis Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Siswa Kelas VII-G MTsN Karangrejo Tulungagung. Disertai tidak diterbitkan. Tulungagung: IAIN
Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Sesanti, N.R., & Marsitin, R. 2017. Analysis of Creative Thinking Ability of Primary School Department Student on Proposing Mathematics Problem. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 160, 49-53.
Priyogo, wahyu .2014. “Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswaâ€Â. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Shimada. 1997. The Significance of An Open-Ended Approach (Virginia: National Council of Theachers Mathematics, 1997), h. 1. Suryadi. 2017. Penerapan Pendekatan Open Ended Pada Pembalajaran Matematika untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa SMPN 4 Banda Aceh.
Sugiyono, (2012). Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: ALFABETA.
Sumarmo, U. (2010). Teori, Paradigma, Prinsip, dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam Konteks Indonesia. Bandung: FPMIPA UPI.
Wijaya & Ariyadi. 2012. Pendidikan matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Y. N. Firdausi, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA).(Online) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/19582/9512 diakses pada 6 Februari 2018
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.
Yatim Riyanto. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2010), h. 229
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal