ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM DISCOVERY LINK MAP indonesia

Mega Nur Aini, Retno Marsitin, Trija Fayeldi

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika terdiri dari 4 langkah yaitu pemahaman masalah, perencanaan cara penyelesaian, pelaksanaan rencana dan memeriksa kembali. Tujuan adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam Discovery Link Map dan untuk mengetahui penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif-kualitatif. Subjek yang dianalisi adalah 8 peserta didik kelas X SMK Islam Gondanglegi. Prosedur pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian tes dan wawancara dilakukan validasi oleh validator. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan tahapan perekduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan


                Hasil dari penelitian yaitu hasil tes dan wawancara menunjukkan kriteria sangat baik terdapat 4 peserta didik, kriteria baik terdapat 6 peserta didik, kriteria cukup terdapat 4 peserta didik, kriteria kurang terdapat 4 peserta didik, dan tidak ada peserta didik yang tergolong kriteria sangat kurang. Persentase pada aspek memahami masalah adalah 87,03%, pada aspek merencanakan penyelesaian adalah 85,18%, pada aspek melaksanakan rencana adalah 79,62%, dan pada aspek memeriksa kembali adalah 68,51%.


                Kesimpulannya adalah kriteria sangat baik, kriteria baik, kriteria cukup, kriteria kurang, dan sangat kurang. Penyebab kesalahan peserta didik yaitu masih belum teliti dalam menentukan satuan dari jawaban yang diberikan, kurang memanfaatkan waktu dalam mengerjakan soal, lupa mengerjakan beberapa tahapan pemecahan masalah, dan masih belum paham sepenuhnya metode subsitusi dan metode eliminasi Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mengambangkan menjadi beberapa tingkatan yang lebih spesifik

References

Argarini, D. F., Budiyono, & Sujadi, I. 2014. Karakteristik Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP N 1 Kragan Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JMEE, 4 (2).
Marsitin, R. 2018. Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Pembelajaran Discovery Link Map Pada Integral. Makalah disajikan pada Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2019), 1 (1).
Mawaddah, Siti & Anisah, Hanna. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2).

Ramadhani, R. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. JPPM, 10 (2).
Rosdianwinata, E. 2015. Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1 (1).
Sutikno, A. 2017. Efektifitas Program R Untuk Membantu Pengajar Dalam Mengkoreksi Jawaban Siswa Pada Soal Matematika Matriks Secara Cepat dan Benar. Research Fair UNISRI, 1(1).
Yulianto, G.D., Suastika, I K., & Fayeldi, T. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP PGRI 4 Kalipare Malang. Pi: Mathematics Education Journal. 2 (1).

Authors

Mega Nur Aini
megaaain@gmail.com (Primary Contact)
Retno Marsitin
Trija Fayeldi
Aini, M. N., Marsitin, R., & Fayeldi, T. (2020). ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM DISCOVERY LINK MAP: indonesia. Pi: Mathematics Education Journal, 3(2), 68–74. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i2.4533

Article Details