PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MODERN AL-RIFA’IE MALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v4i2.5377Keywords:
classroom action research, problem solving model polya, learning outcomeAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami soal dan mengerjakannya terutama pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode pendekatan problem solving dengan model polya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Teggart. Penelitian dilaksanakan di SMP Modern Al-Rifa’ie Malang pada peserta didik kelas VIII-D dengan menggunakan subjek sebanyak 28 peserta didik tahun ajaran 2020/2021. Teknik dan Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, adanya peningkatan hasil belajar peserta didik aspek kognitif pada setiap siklus. Persentase ketuntasan rata-rata yang diperoleh pada siklus I yaitu 34% sedangkan persentase ketuntasan rata-rata pada siklus II yaitu 80%. Jadi persentase peningkatan yang terjadi pada siklus I dan II yaitu 46%.
Kata Kunci: Penelitian tindakan kelas, problem solving model polya, hasil belajar.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2012). “Anak berkesulitan belajar: teori, diagnosts, dan remedialâ€Â. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kediri pada
Materi Segi Empat. Simki-Techsain. 01(02):2.
Blanco and Garrote. (2007). “Difficulties in Learning Inequalities in Students of First Year of Pre-University Education in Spainâ€Â. EJMSTE. 221- 229.
Budhayanti, Clara Ika Sari. (2008). Pemecahan Masalah Matematika. Direktorat Jendral Pendidikan tinggi.
Hidayah, S. (2016) “Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polyaâ€Â. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016-Universitas Kanjuruhan Malang. Malang: 182-190.
Kurniawati, E. dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction
(Arias) Integratif dan Kemampuan Awal dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 02(02):174.
San Pedro, M. O. Z., dkk. (2014). “Carelessness and Affectin an Intelligent Tutorung System for Mathematicsâ€Â. International Journal of Artificial Intelegence un education: 189-210.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal